Kim Jong-un Sambut Tampilan K-pop Korsel di Pyongyang

Kim Jong-un Sambut Tampilan K-pop Korsel di Pyongyang

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersama artis dan musisi K-Pop Korea Selatan. (foto - Reuters)

Pyongyang - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un bersama istrinya Ri Sol Ju menyaksikan artis K-pop Korea Selatan, dalam sebuah penampilan di Pyongyang. Kim Jong-un hadir bersama ratusan penonton lainnya.
 
Hal itu merupakan pertamakalinya dalam satu dekade lebih pemimpin Korea Utara tersebut menyaksikan penampilan K-pop Korsel, pada Minggu 1 Maret malam waktu setempat. Hal itu pun menunjukkan hubungan kedua Korea mulai mencair.
 
Seperti dilansir Reuters, Senin (2/4/2018) Kim Jong-un tampak beberapa kali bertepuk tangan, ketika menyaksikan penampilan bintang K-pop Korsel tersebut. Ia juga terlihat sempat berfoto bersama para bintang K-pop sesaat setelah pertunjukan.
Konser rombongan Korsel di Korut selama 2 jam itu juga dirangkaikan dengan pertunjukan taekwondo. Mereka datang sehari sebelumnya karena hubungan kedua Korea yang mulai tumbuh, sejak Kim Jong-un menyatakan kesediaannya untuk memperbanyak kontak antara kedua negara.

Rombongan penyanyi dan musisi K-pop asal Korea Selatan itu  berangkat menuju Pyongyang, Korea Utara (Korut). Para artis K-pop tersebut tampil dalam pertunjukan budaya lintas perbatasan di Pyongyang, yang tergolong langka.

Sedikitnya 120 anggota rombongan yang terdiri atas penyanyi, musisi dan kelompok seni asal Korsel terbang dari Bandara Internasional Gimpo, Seoul dengan pesawat sipil yang disewa khusus. Pesawat itu terbang langsung ke Pyongyang, yang merupakan rute penerbangan langsung yang sangat langka antara Korut dan Korsel. 

Pengiriman rombongan penyanyi dan kelompok seni Korsel ke Korut tersebut, sepertinya merupakan dampak dari semakin mencairnya hubungan kedua Korea.

"Penampilan di Pyongyang akan menambah momentum kerja sama dan pertukaran antar-Korea, yang kembali terjalin dengan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang," sebut Menteri Kebudayaan Korsel, Do Jong-hwan, yang memimpin rombongan. 
 
Kedatangan para penyanyi dan kelompok seni Korsel ke Korut tersebut juga merupakan kunjungan balasan, atas pengiriman sekelompok performer Korut saat Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel. (Jr.)**
.

Categories:k-wave,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait