Kebakaran Pabrik Tinta di Mojokerto Diwarnai 6 kali Ledakan

Kebakaran Pabrik Tinta di Mojokerto Diwarnai 6 kali Ledakan

Kebakaran produksi pabrik tinta PT DIC Graphic Ngoro Mojokerto. (foto - ist)

Mojokerto - Bagian produksi pabrik tinta PT DIC Graphic Ngoro Mojokerto dilanda kebakaran, yang diwarnai dengan beberapa kali ledakan, Rabu (4/4/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dalamm kebakran itu terjadi enam kali ledakan, kemungkinan berasal dari cairan tinner," kata Kapolsek Ngoro Kompol Khoirul Anam. Pabrik tinta yang berada di Blok D 3C kawasan Ngoro Industri Persada (NIP), yang terbakar di bagian produksi.

"Area produksi yang saat ini terbakar kurang lebih 2.500 meter persegi," katanya. Sejauh ini, 8 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) sudah berada di lokasi untuk memadamkan kobaran api. Asap tebal terus membumbung tinggi, disertai bau zat kimia yang menyengat.

Warga sekitar hanya berani menyaksikan dari kejauhan. Tak ada korban dalam insiden tersebut. Dalam kebakran itu, sekitar 30 orang karyawan pabrik tinta berhasil dievakuasi sebelum api membesar. "Tidak ada yang terluka," tegas Anam.

Sejauh ini, hingga sekitar pukul 14.00 WIB kobaran api yang membakar bagian produksi pabrik tinta PT DIC Graphic itu belum bisa dipadamkan. Banyaknya bahan baku berupa tiner membuat petugas PMK kesulitan menjinakkan api.

Mobil PMK juga tampak bolak balik mengambil air. Petugas masih berjibaku untuk memadamkan si jago merah. "Sulitnya pemadaman karena banyak tiner di lokasi yang terbakar," kata Kanit Pidana Ekonomi Sat Reskrim Polres Mojokerto Iptu Saiful Hadi.

Dalam kebakaran tersebut, setidaknya terdengar 6 kali suara ledakan dari bagian produksi tinta yang terbakar. Ledakan itu diperkirakan dari tiner yang berada di dalamnya. Petugas menunggu padamnya api untuk menyelidiki penyebab kebakaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,