Samsul Arif Selamatkan Indonesia

Samsul Arif Selamatkan Indonesia

Pesepak bola timnas Indonesia Samsul Arif Munip (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Vietnam Que Ngoc Hai (kiri) pada pertandingan penyisihan Piala AFF 2014 Grup A di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (22/11). Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Vietnam.

Hanoi - Timnas Indonesia menahan imbang tuan rumah Vietnam dalam pertandingan grup A Piala AFF di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Sabtu malam (22/11/2014).

Serangan gencar Vietnam sepanjang 2x45 menit yang berbuah dua gol, dapat diimbangi Indonesia juga dengan dua gol.

Syamsul Arif menjadi pahlawan tim Indonesia dengan golnya untuk menyamakan kedudukan di akhir babak kedua.

Pada awal babak pertama Vietnam yang didukung sekitar 30 ribu penonton di Stadion My Dinh, langsung tampil enerjik dengan serangan yang dibangun dari lapangan tengah untuk diselesaikan penyerangnya, Nguyen Van Quyet dan Nguyen Hai Anh.

Menit ke-11, Vietnam sudah bisa membobol gawang Indonesia. Berawal dari tendangan sudut Pham Than Luong kemudian terjadi kemelut di depan gawang Kurnia Mega dan sebuah tembakan dari Que Ngoc Hai bersarang di gawang Indonesia.

Indonesia berusaha mengurangi tekanan lawan dengan operan bola langsung ke depan. Namun Boaz Salossa maupun Sergio van Dijk belum juga mendapat umpan yang matang.

Sementara itu di sayap kiri bek Indonesia Rizki Pora harus bekerja keras menahan serangan Pham Than Luong yang sering melancarkan umpan berbahaya ke kotak penalti.

Indonesia perlahan mencoba memberi tekanan dengan umpan-umpan pendek dan serangan sayap.

Dalam suatu seragan balik, Indonesia dapat menyamakan kedudukan melalui Zulham Zamrun di menit ke-33.

Pemain klub Mitra Kukar itu memanfaatkan kesalahan bek Vietnam Dinh Tien Thanh yang seharusnya menghadang bola.

Pada babak kedua Vietnam kembali bermain dalam tempo cepat untuk menggedor pertahanan Indonesia.

Indonesia beruntung karena pada beberapa kali kesempatan pemain Vietnam gagal dalam penyelesaian akhir.

Vietnam mencoba meningkatkan daya serang dengan memasukkan pemain berpelangalaman Le Cong Vinh di menit ke 54, sementara Indonesia menarik Boaz Salosssa untuk digantikan oleh Syamsul Arif.

Le Cong Vinh langsung memberi kontribusi dengan mencetak gol bagi tim tuan rumah dimenit ke-68. Gol yang dinantikan puluhan ribu suporter yang memenuhi stadion.

Ketinggalan satu gol, Indonesia mencoba menekan meski berisiko pada berbahayanya lini bekalang oleh serangan balik Vietnam.

Menit ke-70 pelatih Indonesia Alfred Riedl mengganti Manahati Lestusen dengan Firman Utina untuk memperkuat lini tengah.

Menit ke-84, suporter Vietnam dihenyak ketika secara tidak terduga pemain depan Indonesia Syamsul Arif melesat dari sisi kanan dan melepaskan tendangan datar.

Bola menerobos kaki kiper Vietnam Tran Nguyen Mahn dan masuk gawang. Skor 2-2.

Vietnam mencoba mengurung pertahanan Indonesia dengan serangan sayap yang cepat, sementara Indonesia banyak mengandalkan serangan balik.

Berikut ini susunan pemain tim Indonesia dan Vietnam: Indonesia - Kurnia Mega; Zulkifli Syukur, Raphael Maitimo, Rizki Pora, Achmad Jufriyanto, Muhammad Roby, Zulham Zambrun (Imanuel Wanggai, 88), Manahati Lestusen (Firman Utina, 70), Muhammad Ridwan, Boas Salossa (Syamsul Arif, 60), Sergio van Dijk.

Vietnam - Tran Nguyen Manh; Le Phuoc Tu, Dhin Tien Thanh, Ngo Hoang Thinh, Nguyen Van Quyet, Que Ngoc Hai, Pham Thanh Luong (Le Cong Vinh, 54), Vu Minh Tuan, Nguyen Anh Hai, Nguyen Huy Hung, Nguyen Xuan Thanh (Nguyen Minh Tung, 80). (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,