Lumpur Tutupi Jalur Sumedang - Bandung Imbas Proyek Tol

Lumpur Tutupi Jalur Sumedang - Bandung Imbas Proyek Tol

Jalur Bandung - Sumedang tertutup lumpur di kawasan Cikubang Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. (foto - Kabar Priangan)

Sumedang - Jalur Bandung - Sumedang tertutup lumpur diduga akibat tidak optimalnya proses pengaspalan jalan menuju ke proyek Tol Cisumdawu. Lumpur menutupi badan jalan tepatnya di kawasan Cikubang Kecamatan Pamulihan, Sabtu (7/4/2018) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Akibatnya, meski arus lalu lintas Sumedang - Bandung tidak terputus sama sekali, laju kendaraan tersendat akibat jalanan tertutup lumpur hingga setinggi 15 - 20 cm. Dalam kondisi itu praktis para pengendara tidak bisa memacu kendaraannya seperti biasa karena jalan menjadi licin.

"Proses pembangunan jalan tol tersebut kurang optimal hingga tanah di sana tergerus air hujan dan terbawa air ke jalan raya. Akibat kejadian itu kemacetan pun tak terhindarkan, sehingga banyak para pengendara roda dua yang tergelincir," kata sejumlah warga.

Tanah bercampur air pun dengan cepat menutupi sebagain badan jalan, mengingat sebelumnya sejumlah kawasan di Kecamatan Pamulihan diguyur hujan deras, hingga terjado longsor dan lumpurnya menutupi jalan," katanya.

Menjelang petang, petugas Damkar, anggota Polres Sumedang, TNI termasuk warga setempat berusaha membersihkan jalan dari terjangan lumpur tersebut. Hingga malam hari sejumlah petugas pun masih melakukan pembersihan lumpur di jalan tersebut.

Hal itu dibenarkan Kanit Lantas Polsek Tanjungsari Ipda Adam, yang menyatakan lumpur bermuara dari salah satu titik pembangunan jalan untuk menuju ke proyek tol. "Untuk mengurai kemacetan, kami memberlakukan sistem buka tutup jalur," katanya. Ia mengimbau, pengendara agar hari-hari karena kondisi jalan licin bekas lumpur.

Terkait kemacetan yang semakin mengular, petugas mengimbau kepada para pengendara untuk memilih melewati jalur alternatif. Antara lain jalan dari arah Jatinangor bisa menempuh jalur alternatif lewat jalan belakang Pamulihan.

Arah yang bisa diambil, dari arah Jatinangor berbelok ke kanan menuju Pasar Domba dan ambil jalur lurus hingga keluar di Jalan Pamulihan - Cimanggung, kemudian mengambil arah kiri. Kendaraan akan keluar di Pertigaan Simpang, sehingga pengemudi dapat berbelok ke arah kanan untuk meneruskan perjalanan ke Sumedang.

Jalan yang sama pun dapat menjadi alternatif bagi pengendara yang berkendara dari arah Sumedang menuju Bandung. Pengemudi dapat berbelok ke kiri di Pertigaan Simpang lalu lurus mengikuti jalan. Di wilayah Haurngombong, pengemudi dapat berbelok ke arah kanan menuju Tanjungsari ataupun Jatinangor, atau memilih lurus bila menuju Rancaekek Cicalengka serta Garut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,