Gedung Bersejarah di Bosphorus Hancur Ditabrak Kapal Tanker

Gedung Bersejarah di Bosphorus Hancur Ditabrak Kapal Tanker

Gedung Hekimbasi Salih Efendi di Bosphorus hancur ditabrak Kapal Tanker Vitaspirit. (foto - Getty Images)

Istanbul - Kapal tanker menabrak gedung bersejarah di Pantai Bosphorus Istanbul, setelah perangkat kemudinya terkunci. Akibatnya, untuk sementara petugas menghentikan lalu lintas kedua arah di selat tersebut.

Seperti dilaporkan CNN, Sabtu (7/4/2018) kapal penjaga pantai kemudian dikirim ke wilayah itu. Sedangkan kapal tanker "Vitaspirit", yang berbendera Malta itu ditarik dan dibawa ke pinggir pantai, demikian laporan TV CNN.

Tidak ada laporan mengenai adanya korban dalam kejadian tersebut. Namun, rekaman kecelakaan itu menunjukkan gedung bersejarah tersebut mengalami rusak parah. Gedung Hekimbasi Salih Efendi berdiri di tepi pantai selat Bosphorus sejak abad ke-18.

Gedung itu digunakan untuk menyelenggarakan acara pernikahan dan pergelaran musik. Bosphorus adalah salah satu selat terpenting di dunia untuk pengangkutan minyak.

Lebih dari tiga persen pasokan dunia, terutama dari Rusia dan laut Kaspia melalui jalur air sepanjang 17 mil tersebut. Jembatan itu yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Tengah. Selat itu juga digunakan oleh kapal pembawa biji-bijian dari Rusia dan Kazakstan ke pasar dunia.

Bosporus adalah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia. Ia menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. 

Jembatan itu memiliki lebar 30 km dengan panjang maksimum 3.700 meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisar? dan Rumelihisar?. Kedalamannya bervariasi antara 36 sampai 124 meter. Di tepian selat itu berpenduduk padat, salah satu kotanya adalah Istanbul. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,