Ribuan WNI Berniat Menjadi Warga Jepang demi Pekerjaan

Ribuan WNI Berniat Menjadi Warga Jepang demi Pekerjaan

Ribuan WNI mengajukan untuk menjadi warga negara Jepang. (foto - ilustrasi/Getty Images)

Jakarta - Ribuan warga negara Indonesia (WNI) yang mengajukan untuk menjadi warga negara Jepang. Bahkan, menurut laporan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyebutkan, mereka rela menjadi pencari suaka di Jepang untuk bisa bekerja.

"Para pencari suaka tersebut memang demi pekerjaan," sebut Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Berdasarkan data, tercatat WNI pencari suaka mulai meningkat sejak diberlakukannya kunjungan bebas visa bagi pemegang e-paspor. Peningkatan jumlahnya, pada 2015 terdapat 696 orang dan pada 2016 menjadi 1.829 orang. Meski begitu, jumlah pencari suaka menurun pada 2017 yakni 1.342 orang.

Iqbal menjelaskan, data itu diperoleh dari pengadilan karena Jepang yang sangat menjaga data para pencari suaka di negara mereka. Namun sejauh ini belum ada WNI pencari suaka yang diterima sebagai warga negara Jepang, lantaran tidak ada alasan mendesak yang melatarbelakanginya.

"Karena motif mereka ekonomi," tegas Iqbal. Untuk mencegah makin banyaknya WNI yang menyalahgunakan prosedur, pihak Kementerian Luar Negeri RI telah bekerja sama dengan sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB untuk menyosialisasikan agar tidak mudah ditipu oleh sindikat pencari kerja.

"Mengingat jumlahnya sangat banyak mencapai ribuan orang, kami meyakini ada sindikat di balik itu semua," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,