Bupati Bandung Barat Jalani Pemeriksaan di Gedung KPK

Bupati Bandung Barat Jalani Pemeriksaan di Gedung KPK

Bupati Bandung Barat Abubakar tiba di Gedung KPK. (foto - ist)

Jakarta - Bupati Bandung Barat Abubakar langsung mendatangi Gedung KPK. Dengan menggunakan tongkat berwarna hitam, ia langsung turun dari mobil pribadinya, Rabu (11/4/2018) malam.

Dengan mengenakan kemeja berwarna putih dan peci hitam di kepala, Abubakar enggan berkomentar apapun soal penangkapan yang dilakukan penyidik KPK. Ia bergegas berjalan memasuki gedung dan menaiki tangga ke ruang pemeriksaan.

Abubakar pun tidak sendiri, ia ditemani oleh pengacara dan juga anaknya yang ikut dalam rombongan tersebut. Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Abubakar ditetapkan secabagai tersangka oleh KPK, atas dugaan penerimaan uang dari beberapa SKPD.

Diduga, ia telah meminta uang kepada sejumlah SKPD untuk membiayai pemenangan istrinya, Elin Suharliah dalam Pilkada Bandung Barat 2018. Dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan pada Selasa 10 April malam, KPK mengamankan uang Rp 435 juta yang akan diberikan kepada Abubakar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Bandung Barat tersebut langsung menjalani pemeriksaan di gedung KPK. Sebelumnya ia meminta kepada penyidik KPK untuk menunda pencidukannya, dengan alasan akan melakukan prawatan (kemoterapi) di rumah sakit di Kota Bandung.

Atas perbuatannya, Abubakar dijerat melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,