Warga Bakar Rumah Pribadi Bupati Pegunungan Bintang

Warga Bakar Rumah Pribadi Bupati Pegunungan Bintang

Warga bakar rumah pribadi Bupati Pegunungan Bintang di Oksibil Papua. (foto - ist)

Oksibil - Sejumlah warga membakar rumah pribadi Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka yang berada di Osibil Papua. Pembakran terjadi akibat kekecewaan warga terhadap janji bupati soal doorprize pada acara jalan santai dianggap tidak ditepati.
 
Jalan santai digelar berkaitan dengan peringatan HUT-15 Kabupaten Pegunungan Bintang. Sebelum membakar rumah bupati, massa yang berkumpul di lapangan membakar panggung acara, tenda dan kursi yang dipersiapkan untuk acara perayaan. Warga juga memblokir bandara Oksibil.
 
"Setelah gerak jalan massa di Oksibil warga mengamuk lalu membakar panggung tempat acara, kemudian massa menuju rumah bupati dan membakar rumahnya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad M Kamal, Kamis (12/4/2018).
 
Awalnya, kegiatan gerak jalan berlangsung aman. Gejolak dimulai saat massa menunggu adanya pencabutan doorprize yang dijanjikan panitia, namun tidak terwujud. Hal itui memicu warga marah dan melakukan pembakaran terhadap panggung.

Wakil Bupati dan Kapolres mencoba menenangkan massa, namun tidak berhasil karena banyaknya massa. "Kondisi saat ini sudah berangsur aman, namun massa masih berkumpul di bandara Oksibil. Akibatnya, pesawat menuju sejumlah daerah tertunda," kata Ahmad.

Warga yang rumahnya berdekatan dengan tempat acara pun memilih untuk mengungsi ke rumah ibadah untuk menghindari amukan massa. Banyak warga yang ingin keluar dari Kota Oksibil namun tidak ada transportasi, karena bandara pun diblokir. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,