3 Tempat Wilayah Kabupaten Bandung Barat Digeledah KPK

3 Tempat Wilayah Kabupaten Bandung Barat Digeledah KPK

Petugas KPK tengah menggeledah Gedung C tempat Kantor Bappeda Kabupaten Bandung Barat Kamis 12 April malam. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya tiga  tempat yakni rumah  Bupati Bandung Barat  Abubakar,  rumah Kepala  Dinas  Perindustrian serta  Perdagangan Weti Lembanawati serta Kantor Pemkab Kabupaten Bandung Barat, termasuk salah satunya Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, digeledah oleh sejumlah petugas KPK.

Penggeledahan berlangsung sejak petang hingga sekitar pukul 23.00 WIB, penggeledahan secara tertutup itu masih berlangsung, Kamis (12/4/2018). Para petugas KPK mulai masuk ke Kompleks Pemkab Bandung Barat sekitar pukul 17.30 WIB.

Mereka memasuki ruang kerja Bupati Abubakar di Lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah, dilanjut ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di lantai 4 Gedung C. Di Kantor Bappeda, lebih dari lima petugas KPK melakukan penggeledahan dikawal anggota kepolisian.

Sekitar pukul 20.00 WIB, tampak dua Apratur Sipil Negara memasuki kantor tersebut, tetapi kembali keluar sekitar 20 menit kemudian. Di tengah penggeledahan tersebut, tampak Ilham (kepala subbagian BKPSDM/BKD), yang turut diamankan KPK.

Sementara itu, rumah Kadisperindag KBB Weti Lembanawati yang berada di Desa Pasirhalang Kecamatan Cisarua juga tak luput dari sasarna penggeledahan. Sejak petang petugas KPK yang diperkirakan lebih dari lima orang mulai masuk. Sedagkan di luar juga dijaga polisi.

Penggeledahan juga berlangsung di rumah Bupati Bandung Barat Abubakar di Jalan Mutiara Desa/Kecamatan Lembang, yang juga berlangsung tertutup. Penggeledahan merupakan lanjutan dari proses penyidikan yang dilakukan KPK, terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian hadiah di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Diduga, pemberian hadiah dilakukan oleh para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kepada Bupati Bandung Barat Abubakar. KPK pun sudah menetapkan 4 tersangka, yaitu Bupati Abubakar, Kepala Disperindag Weti Lembanawati, Kepala Bappeda Adiyoto dan Kepala BKD Asep Hikayat.

Selain itu, KPK mengamankan tiga orang lainnya untuk dimintai keterangan, yakni berinisial CA, YUS dan IL serta menyita barang bukti uang tunai sekitar Rp 435 juta. Diduga, Abubakar memintai uang dari para pimpinan SKPD, untuk digunakan kegiatan pemenangan istrinya Elin Suharliah dalam Pilbup Bandung Barat 2018. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,