Miras Oplos Diracik di Bunker Rumah Mewah di Cicalengka

Miras Oplos Diracik di Bunker Rumah Mewah di Cicalengka

Bunker tempat meracik miras oplosan di rumah mewah Jalan Bypass Cicalengka Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Pelaku  meracik miras  oplosan di sebuah bunker  yang berada di rumah di  Jalan Bypass Cicalengka  Kabupaten Bandung. Pelaku meracik miras dengan mencampurkan tuak dengan zat pewarna, dan serbuk minuman berenergi dan alkolhol.
 
"Di dalam bunker telah dibagi menjadi dua bagian, yang pertama ada satu bagian yang khusus untuk meracik," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat menggeledah rumah milik penjuial miras oplosan, Kamis (12/04/2018).
 
Menurutnya, untuk pengemasan dilakukan di bagian bunker yang lainnya. Dari hasil penyidikan, pihaknya baru menetapkan dua tersangka dalam kasus miras oplosan. "Secara umum untuk kasus ini yang sudah kita lakukan penegakan hukum 2 tersangka. Saudara Y sebagai penjual, dan istri dari SS yang juga pelaku AN," katanya.
 
Agung menjelaskan, bunker berukuran 25 meter persegi dengan tinggi 3,5 meter itu berada di bagian belakang di dalam rumah berlantai dua tersebut. Bunker itu memang digunakan khusus untuk meracik miras oplosan.
 
"Di dalam bungker ada dua bagian. Pertama, ruang khusus meracik dan di luar tak kelihatan. Cerobong yang berasal dari ruangan itu untuk  pembuangan uap udara dari bahan alkohol," katanya.
 
Miras oplosan tersebut dikemas oleh para pelaku dalam bekas botol mineral lalu ditutup plastik, dengan menggunakan alat pemanas supaya lengket. "Saat dijual di warung jadi enggak curiga," kata Agung sambil memperlihatkan sampel dalam kemasan botol mineral berisi miras oplosan yang menjadi barang bukti.
 
Berdasarkan hasil penyelidikan dalam kasus itu lalu ditingkatkan ke penyidikan. "Di Cicalengka ini ada dua tersangka yang ditetapkan. Yakni tersangka JS dan HM, istri SS," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,