Pengusaha Harus Peduli Lingkungan

Pengusaha Harus Peduli Lingkungan

ilustrasi

Bogor  - Puteri Indonesia Lingkungan 2014 Elfin Pertiwi berharap pelaku dunia usaha ikut peduli terhadap lingkungan, terutama di lahan-lahan kritis agar dihijaukan kembali.

"Penanaman pohon yang telah dilakukan oleh PT Sushi Tei Indonesia dapat menjadi contoh untuk pelaku usaha lainnya untuk melakukan hal yang sama," kata Elfin usai melakukan penanaman pohon di Gunung Pancar Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/11/2014).

PT Sushi Tei Indonesia bersama Green Edelweiss Foundation dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat melakukan penanaman pohon guna merehabiltas lahan kritis di Gunung Pancar di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ada berbagai jenis pohon yang ditanam di lahan kritis tersebut, seperti rasmala, puspa, salam dan mahoni. Keempat jenis pohon tersebut adalah tanaman khas Jawa Barat.

Ia mengatakan kegiatan menanam pohon ini merupakan kegiatan pertama Elfin sekembali dari Jepang. Kegiatan menanam pohon merupakan aktivitas lingkungan yang banyak bermanfaat untuk kelestarian alam sekitarnya.

Elfin Pertiwi baru kembali dari kompetisi bergengsi Miss International 2014 di Tokyo, Jepang. Ia berhasil meraih prestasi Top Ten dan The Best National Costume yang bertema Tale of Siger Crown Lampung.

Sementara itu Presiden Direktur PT Sushi Tei Indonesia Kusnadi Rahardja mengatakan masih banyaknya lahan kritis yang telah membelah tanah atau retak-retak karena kurangnya tanaman keras yang mampu mengikat kembali struktur tanah.

Untuk itu, kata dia, perlu upaya pelestarian hutan agar tetap terjaga, dan ancaman kerusakannya dapat dikurangi. Untuk itu diperlukan adanya suatu pengolahan yang terpadu dari seluruh unsur kalangan masyarakat, LSM, pemerintah dan swasta.

Ia sangat menyadari betapa pentingnya keseimbangan antara usaha (bisnis) dengan kelestarian alam untuk keberlangsungan usaha dan kehidupan mahluk hidup lainnya, khususnya manusia.

"Nanti pohon-pohon yang telah ditanam tersebut akan dilakukan pemeliharaan sampai kondisi pohon mampu untuk tumbuh dan hidup, jadi tidak ditinggal begitu saja," kata Kusnadi Rahardja.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh 200 karyawan serta jajaran direksi PT Sushi Tei Indonesia sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan di Indonesia. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:ekonomi,