BIJB Kertajati Jadi Bandara Terbesar Setelah Soekaro - Hatta

BIJB Kertajati Jadi Bandara Terbesar Setelah Soekaro - Hatta

Helikopter Jokowi mendarat mulus di proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Selasa 17 April 2018. (foto - Setpres)

Majalengka - Presiden Jokowi meninjau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Selasa (17/4/2018).

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jokowi menilai BIJB merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Bandara itu dinilai menjadi yang terbesar kedua setelah Bandara Soekarno - Hatta di Tangerang Banten.

Bahkan, Jokowi menyebutkan bandara ini bisa menampung hingga 5,6 juta penumpang per tahun setelah selesai pembangunan tahap pertamanya. "Airport Kertajati ini bisa menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang. Ini tahapan pertama. Airport terbesar setelah Soekarno-Hatta," kata Jokowi di lokasi proyek Bandara Kertajati.

Ia menjelaskan, potensi lahan yang dimiliki Bandara Kertajati masih sangat besar untuk dikembangkan ke tahap selanjutnya. "Lahannya masih sangat luas. Pemerintah Jawa Barat betul-betul menyiapkan ini dalam sebuah visi jangka panjang untuk sebuah airport besar," katanya.

Lahan yang tersedia saat ini paling tidak ada sekitar 1.800 hektar. "Lahan ini gede sekali," tambahnya. Sebelumnya, Jokowi menyebut bandara ini bisa diujicoba pada bulan depan.  "Nanti bulan depan sudah akan kita coba mulai, InsyaAllah tanggal 24 Mei," tegas Jokowi.

Jokowi tiba di lokasi proyek pembangunan bandara tersebut sekitar 14.30 WIB, dengan menggunakan helikopter. Helikopternya mendarat dengan mulus bersama dua helikopter lainnya yang ikut dalam rombongan. Mengenakan rompi merah dan helm proyek, Jokowi memerhatikan satu per satu isi dari terminal bandara yang sedang tahap penyelesaian itu.

Jokowi juga mengecek conveyor belt. Hal itu merupakan alat untuk memindahkan barang bawaan penumpang secara otomatis. Setibanya masuk di dalam terminal, Jokowi langsung menyoroti maket dari bandara tersebut.

Ia melihat-lihat maket bersama Budi Karya, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dan Dirut AP II Muhammad Awaluddin serta Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra. Setelah itu, Jokowi menyusuri area lain di dalam bandara, yakni di bagian lantai dua. (Jr.)**

 

.

Categories:Nasional,
Tags:,