Pabrik Miras Kudus Digerebek Operasi Terbesar di Jateng

Pabrik Miras Kudus Digerebek Operasi Terbesar di Jateng

Penggerebekan pabrik miras di Dukuh Kauman Desa Prambatan Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. (foto - ist)

Kudus - Jajaran Polres Kudus melakukan penggerebekan sebuah pabrik minuman keras (miras) yang berada di wilayah Dukuh Kauman Desa Prambatan Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Peggerebekan tersebut diklaim sebagai hasil pengungkapan terbesar di Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, pengungkapan pabrik pembuat miras di Kudus berkat informasi dari warga. Pabrik yang berlokasi terpencil tersebut telah beroperasi selama 1,5 tahun, yang disewa warga Tuban Jatim. Termasuk alat-alat untuk produksi juga didatangkan dari Tuban. 

"Barang bukti miras jenis arak putih yang disita sebanyak 136 drum, yang berisi 13.600 liter serta 85 kardus miras siap edar dengan omzet penjualan per hari mencapai Rp 8 juta. Untuk peredaran miras tidak hanya Jateng tetapi juga ke Tuban," kata Condro, Rabu (18/4/2018) sore.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah mengamankan pengelola pabrik yang berinisial HW (24), sedangkan pemilik asal Tuban masih proses pengejaran. "Keberadaan pabrik miras di Kudus sangat disayangkan, karena Kudus merupakan Kota Santri, sehingga menjadi perjatian khusus. Di Jateng untuk wilayah yang rawan peredaran miras berada di Pantura," katanya.

Mantan Kapolres Kudus itu mengungkapkan, jika ada oknum polisi yang terlihat dalam membackingi peredaran miras di wilayahnya akan ditindak tegas. Namun demikian, sejauh ini untuk di Kudus hasil penelusuran Propam tidak ada keterlibatan oknum anggota.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning melalui Kasat Reskrim AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar mengatakan, pihaknya masih mendalami adanya temuan pabrik miras itu.

Pelaku dijerat pasal berlapis, berupa UU perlindungan konsumen, UU perdagangan, UU Pangan. Serta KUHPidana Pasal 204 tentang menjual barang yang diketahui membahayakan nyawa atau kesehatan dengan Ancaman maksimal 15 tahun penjara. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,