Film Wonderful Indonesia Raih 'Honorary Award' di ITFF XIV

Film Wonderful Indonesia Raih 'Honorary Award' di ITFF XIV

Pemberian penghargaan diterima Dubes RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid bersama delegasi Kementerian Pariwisata di Veliko Tarnovo Bulgaria. (foto - Facebook)

Jakarta - Film Wonderful Indonesia dengan latar belakang keindahan Kepulauan Riau, berhasil meraih penghargaan di tingkat internasional. Video berdurasi 5 menit itu menyabet "Honorary Award" pada The XIV International Tourism Film Festival (ITFF) di Bulgaria, 19-21 April 2018.
 
Wonderful Riau Islands, hasil produksi Kementerian Pariwisata tahun 2017. Film itu disutradarai Cundra Setiabudhi. Kameramen film Sony Seniawan dan Ferry Rusli, sedangkan Titien Wattimena sebagai scriptwriter serta Donny Irawan sebagai sound designer.
 
Penghargaan diterima langsung Dubes RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, bersama delegasi Kementerian Pariwisata. Penghargaan tersebut diberikan pada malam penganugerahan festival di Kota Veliko Tarnovo Bulgaria.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan, penghargaan itu menandai Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Baik dari segi destinasi wisata maupun produksi video promosi wisata. Selain itu, branding Wonderful Indonesia semakin bergaung di dunia khususnya di wilayah Eropa timur.
 
"Mengapa award menjadi penting? Award begitu penting bagi kita karena tiga alasan yang saya singkat 3C yakni: Confidence, Credibility dan Calibration," kata Arief Yahya, Jumat (20/4/2018).
 
Ia mengatakan, terkadang ada yang menanyakan apa gunanya memenangkan award. "Kita bisa balik pertanyaannya. Apa salahnya jika kita memenangkan sebuah award? Apakah salah kita lulus dalam ujian dengan nilai yang terbaik,” tegas Arief.
 
Dengan menjadi yang terbaik, termasuk memenangkan sebuah award, akan membuat kita atau institusi kita semakin dikenal. Ini membuka peluang untuk mendapatkan berbagai peluang dan kesempatan di masa mendatang. Orang akan cenderung memilih para pemenang untuk menjadi partner, supplier atau produsennya dibandingkan dengan para pecundang,” katanya.
 
Dalam The XIV International Tourism Film Festival, Indonesia menyertakan beberapa film. Selain Video Wonderful Riau Islands, ada Wonderful Indonesia - Raja Ampat (The Four Kings) Papua dan Wonderful Indonesia - The More You Feel, The More You Know.
 
Film karya anak bangsa itu harus bersaing dengan 49 film lainnya, yang turut ambil bagian dalam ajang the XIV International Tourism Film Festival. Indonesia sendiri tercatat telah tiga tahun berturut-turut ambil bagian dalam ajang itu. Konsistensi itu mendapatkan apresiasi tinggi dari tim juri ITFF 2018.
 
"Video dengan keindahan alam, produksi yang bagus membuat kami lebih mengenal Indonesia, dan berharap mengetahui destinasi pariwisata Indonesia lainnya selain Bali,” kata Simeon Idakiev, Jury Chairman of the XIV ITFF 2018. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,