Dishub Bandung Kandangkan Empat Angkot Tak Layak Jalan

Dishub  Bandung Kandangkan Empat Angkot Tak Layak Jalan

Tim gabungan Dishub Kota Bandung, Kepolisian dan Dandenpom tindak angkot tak layak jalan. (foto - PDKT Dishub Kota Bandung)

Bandung - Tiga unit angkutan kota (angkot) terpaksa dikandangkan, karena tidak layak operasi dan tidak memiliki surat-surat. Sementara 37 kendaraan lainnya ditilang dengan berbagai kasus, yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Kepolisian dan Dandenpom.
 
"Angkot yang dikandangkan karena kondisinya tidak layak jalan. Ditambah tidak memiliki surat-surat, baik STNK, buku KIR maupun buku KP," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Bandung Asep Kuswara, seusai penindakan di kawasan Jalan Terusan Jakarta Kota Bandung, Senin (23/4/2018).
 
Menurutnya, penindakan akan digelar di berbagai wilayah di Kota Bandung, dalam rangka memberikan kenyamanan dan kelayakan terhadap pengguna. Kendaraan yang ditilang ada dua macam, yakni terkait kelayakan jalan pada Dishub Bandung. Sedangkan untuk kelengkapan surat seperti STNK dan SIM ada pada kewenangan kepolisian.

"Salah satu penyebab dikandangkan karena banyak yang tidak sesuai dengan Perda no. 4 tahun 2017. Jadi banyak kendaraan yang usianya lebih dari 10 tahun sejak STNK terbit," katanya. Dengan adanya peraturan itu, ada pembatasan usia bagi kendaraan umum untuk jalan atau beroperasi. 
 
"Kalau kendaraannya sudah lebih dari usia itu maka kita kandangkan. Bisa diambil lagi tapi dengan syarat diremajakan, kita berusaha memberikan shock terapi bagi pemilik untuk peduli kepada keselamatan," tegasnya.

Mengenai jumlah angkot tak layak jalan lanjutnya, ada sekitar 50 persen dari 5.021 angkot berbagai trayek di Kota Bandung. "Kegiatan ini merupakan salah satu langkah awal menghadapi Idulfitri, agar pelayanan dan keamanan dapat dirasakan masyarakat. Nanti kita akan menyisir kendaraan baik AKAP maupun AKDP ketika mendekati moment mudik," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,