Longsor dan Angin Kencang Terjang Wilayah Cikalongwetan

Longsor dan Angin Kencang Terjang Wilayah Cikalongwetan

Longsor terjang wilayah Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 13 titik di wilayah Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat diterjang longsor dan angin kencang. Longsor berdampak pada dua kepala keluarga (KK) harus mengungsi, karena nyaris merobohkan rumah mereka.

Menurut Camat Cikalongwetan Weda Wardiwan, 12 titik longsor dan satu titik lokasi angin kencang yang tersebar di lima desa. Longsor kecil juga menerjang beberapa jalan kabupaten dan jalan desa, meski tak menutup akses jalan.

"Longsor paling parah terjadi di Kampung Tenggek Desa Wangunjaya Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Rumah warga terparah atas nama Hendi (57) 4 jiwa dan Enu (45) 3 jiwa terancam," katanya, Selasa (24/4/2018).

Ia menjelaskan, kejadian itu karena hujan deras yang turun seharian pada minggu 22 April, sehingga terjadi longsor beruntun sejak sore. "Kami imbau warga untuk pindah dulu hingga penanganan lebih lanjut, longsor mengancam menggerus rumah mereka," kataya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketentraman, Ketertiban umum, Pipin Irawan menambahkan, lima desa terjadi bencana yakni Desa Wangunjaya, Cisomang Barat, Ciptagumanti, Kenangasari dan Desa Ganjarsari.

Sejauh ini, pihaknya telah melaporkan kejadian itu ke BPBD Kabupaten Bandung Barat untuk penanganan lebih lanjut. "Logistik sudah diterima warga dari Dinas Sosial, dan BPBD segera akan menindaklanjutinya," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,