Setubuhi Anak di Bawah Umur Aa Gatot Diganjar 9 Tahun Bui

Setubuhi Anak di Bawah Umur Aa Gatot Diganjar 9 Tahun Bui

Terbukti setubuhi anak di bawah umur Gatot Brajamusti diganjar 9 tahun penjara. (foto - ant)

Jakarta - Majelis Hakim menyatakan, Gatot Brajamusti dinyatakan bersalah atas tindakan kejahatan seksual terhadap anak dibawah umur. Hakim pun mengganjar Gatot pidana penjara 9 tahun di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/4/2018).

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana membujuk anak untuk melakukan persetubuhan," kata Hakim Ketua Majelis Irwan dalam sidang.

Pasal yang dikenakan, Gatot dikenakan Pasal 81 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP, yang juga digunakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam tuntutan. Namun pidana penjara yang dijatuhkan kepada Gatot jauh lebih ringan dibanding tuntutan JPU.

"Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa selama sembilan tahun dan denda Rp 200 juta subsider kurungan enam bulan," kata Hakim Ketua Majelis Irwan.

Sebelumnya, JPU menuntut Gatot Brajamusti dipidana 15 tahun penjara. Tuntutan itu mengacu pada bentuk pelanggaran pidana Gatot, yang dianggap sudah memenuhi unsur dalam Pasal 81 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Vonis sembilan tahun kepada Gatot Brajamusti, Majelis Hakim memiliki beberapa pertimbangan. Hal yang memberatkan, Gatot pernah dihukum dan sedang menjalani hukuman. Tindakan Gatot juga dinilai meresahkan masyarakat.

Sementara untuk hal yang meringankan, Gatot dinilai menunjukkan iktikad baik dengan tetap memberikan uang nafkah pada Citra Tri Putri alias CTP, korban aksi kejahatan seksualnya. Selain itu, Gatot juga dinilai berlaku sopan selama persidangan serta sudah mengakui dan menyesali perbuatannya.

Menanggapi vonis Majelis Hakim, Gatot Brajamusti memutuskan pikir-pikir. Hakim Ketua Majelis Irwan pun langsung memberikan waktu tujuh hari kepada Gatot, untuk menentukan langkah hukum lanjutan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,