Polisi Gerebek Rumah Produksi Miras Oplosan di Sidoarjo

Polisi Gerebek Rumah Produksi Miras Oplosan di Sidoarjo

Penggerebekan rumah sebagai tempat produksi miras oplosan di Tulangan Sidoarjo. (foto - ist)

Sidoarjo - Polisi melakukan penggerebekan di sebuah rumah di Desa Janti Kecamatan Tulangan Sidoarjo Jawa Timur. Rumah tersebut digunakan sebagai tempat untuk mengoplos minuman keras (miras) jenis bir.
 
Rumah berukuran 10 x 25 meter dan berlantai dua itu, di dalamnya digunakan untuk mengoplos merek sebuah bir menjadi merek bir itu juga. "Rumah itu tempat mengoplos miras merek bir menjadi merek bir juga, tapi bir palsu," kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Kamis (26/4/2018).

Menurut Himawan, dalam modusnya pelaku membeli bir secara resmi di toko. Lalu oleh pelaku dicampur dengan alkohol dan bahan pewarna. Hasil oplosan itu kemudian dikemas seperti bir asli. Satu bir asli bisa digunakan untuk membuat 3-4 bir palsu. 

"Namun rasanya berbeda, sedangkan harganya sama dengan bir asli," katanya. Rumah itu bukan milik pelaku dan pelaku hanya mengontrak. Oleh pelaku rumah itu hanya ditempati untuk kegiatan mengoplos. "Pelaku lebih dari dua orang sudah kami amankan," tegas Himawan.
 
Berdasarkan penuturan sejumlah warga mengatakan, rumah tersebut dikontrak oleh orang bukan warga desa. Namun orang tersebut tidak pernah bersosialisasi dengan warga sekitar.

"Pengoploson diduga dilakukan pada malam hari. Karena ada aktivitas keluar masuk kendaraan itu seringnya terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB," kata warga. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,