Ibu Rumah Tangga Diringkus Gelapkan Lima Mobil Rental

Ibu Rumah Tangga Diringkus Gelapkan Lima Mobil Rental

Kepolisian Sektor Indihiang Tasikmalaya amankan dua tersangka penggelapan mobil rental. (foto - ist)

Tasikmalaya - Aparat Kepolisian Sektor Indihiang meringkus seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, karena dilaporkan melakukan penipuan dan penggelapan kendaraan roda empat. IK (34) diamankan karena telah menggelapkan sejumlah mobil milik sejumlah rental mobil.

Dalam keterangannya Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Ma'ruf di Mapolsek Indihiang menyatakan, tersangka diamankan setelah sejumlah korban melapor kepada kepolisian. "Kendaraan korban yang dirental oleh tersangka digadaikan, tanpa sepengetahuan dan persetujuan pemilik mobil. mulai dari Rp 26 juta sampai 30 juta," kata AKBP Febry Ma'ruf, Senin (30/4/2018).

Saat ini, polisi baru berhasil mengamankan dua orang tersangka. "Tersangka IK (34) yang bertugas sebagai perental mobil dan UG (37), pria asal Ciamis sebagai pencari penerima gadai," katanya. Dalam aksinya para tersangka mengaku bekerja sebagai pengelola travel umrah dan mencatut perusahaan travel Arminerika Perdana. 

"Ika menyuruh Firman (seorang saksi) untuk mencari mobil rental, dengan alasan untuk keperluan transportasi travel umrah," katanya. Para tersangka lalu menggadaikan mobil kepada penerima gadai menyatakan, mobil itu miliknya dan masih dalam proses cicilan menggunakan bukti setoran palsu. "Ada beberapa tersangka lain yang masih buron, antara lain Lia yang bertugas membuat surat leasing dan bukti cicilan palsu," tegas AKBP Febry Ma'ruf.

Selain Lia, tersangka lain yang masih diburu polisi yakni Ade Johan, Undang alias Abah serta Rizal alias Anjar. Dari hasil penelurusuran petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti, antaralain 5 unit kendaraan roda empat beserta STNK dan kunci dan lima lembar surat perjanjian/ bukti rental.

5 unit kendaraan yang diamankan, antara lain mobil merk Toyota Avanza bernopol Z 1126 LI silver, Avanza Z 1037 LI putih, Daihatsu Xenia Z 1496 LH putih, Toyota Calya Z 1601 WU Abu metalik dan Toyota New Avanza Z 1768 KI silver Metalik.

Sedangkan satu mobil Toyota Avanza D 1075 OX warna silver metalik masih dalam buruan polisi. Para tersangka dijerat pasal penipuan dan atau penggelapan, yakni Pasal 378 dan atau 372 KUHPidana dan ancaman kurungan penjara selama 4 tahun. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,