Jokowi Rahasiakan Nama Menteri

Jokowi Rahasiakan Nama Menteri

Jokowi Rahasiakan Nama Menteri

Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku, meski sudah berencana akan mengumumkan formasi kabinetnya pada 15 September mendatang, namun untuk nama-nama menteri dia belum membuat keputusan.Hal tersebut dikatakan Jokowi di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (09/09/2014). Dia juga mengaku belum memiliki persiapan apapun menjelang tanggal pengumuman tersebut.

Seperti diketahui, Jokowi secara intens terus melakukan pertemuan dengan ketua umum partai politik koalisinya. Apalagi dalam waktu hitungan hari, Jokowi berniat segera mengumumkan susunan kabinetnya.

Menurut rencana mantan Wali Kota Solo ini akan mengumumkan susunan kabinetnya pada 15 September mendatang. Sebab itu, secara intens Jokowi mengaku terus berhubungan dengan pimpinan parpol yang menjadi koalisinya. Hal itu dilakukan agar dirinya memiliki gambaran terkait susunan cabinet Jokowi-JK.

"Nanti 15 September udah ketemu postur (kabinet)nya seperti apa. Ketemu gemuk atau kurus. Baru tuk..tuk..tuk..tuk..‎," kata Jokowi saat menghadiri acara di Gedung RRI, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakpus, Senin (08/09/2014).

Ia mengakui, untuk kepentingan itu Gubernur DKI Jakarta ini terus melakukan komunikasi dengan para ketua umum partai politik koalisinya. "Saya ketemu Bu Mega, Pak Muhaimin dan Pak Surya Paloh," ujarnya.

Jokowi memang memperkirakan jumlah kabinetnya tak berbeda dengan yang saat ini yakni 34 kementerian. Namun, di tanggal 15 September nanti baru akan ia umumkan postur resminya. 

Setelah resmi mengumumkan, Jokowi mengatakan masih akan membubuhkan waktu 1 hingga 2 minggu untuk mengisi nama-nama menterinya. "Kondisinya kan sudah mepet, tinggal 1 bulan lagi. Tanggal 20 kurang lebih, 1 bulan lagi, harus lebih intens," ucapnya. (AY)

.

Categories:Politik,
Tags:,