Ratusan Orang Tewas Akibat Banjir Menerjang Kenya

Ratusan Orang Tewas Akibat Banjir Menerjang Kenya

Banjir di Kenya telah menewaskan ratusan orang. (foto - AFP)

Nairobi - Musim hujan yang berlangsung sejak April lalu di Kenya telah menyebabkan lebih dari 100 orang tewas, dan menyebabkan sekitar 200.000 orang telantar.

Pihak berwenang di negara dan sejumlah kelompok kemanusiaan mengungsikan warga yang terdampar, dan memberikan bantuan kepada desa-desa yang terputus akibat genangan banjir.

Berdasarkan keterangan Palang Merah Kenya menyebutkan, banjir tersebut sebagai krisis kemanusiaan yang membutuhkan pendanaan darurat. Banjir juga mengakibatkan terjadinya wabah kolera, dengan 15 dari 47 wilayah negara yang terkena dampak.

Seperti dilansir Al Jazeera, Sabtu (5/5/2018) Departemen Meteorologi Kenya telah memprediksikan, tingginya curah hujan di atas rata-rata di bagian barat dan tengah negara tersebut.

Negara Afrika Timur menerima sebagian besar hujan antara Maret hingga Juni. Sementara musim hujan kedua, yang dikenal sebagai istilah "hujan kecil" terjadi pada bulan November, tetapi curah hujan saat itu jauh lebih ringan. 

Sementara itu, musibah banjir juga telah dilaporkan terjadi di Uganda dan Somalia. PBB memperkirakan, setengah juta orang telah terdampak di Somalia, dengan hampir 175.000 orang diungsikan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,