Tangki Kilang Minyak Milik Pertamina di Kukar Terbakar

Tangki Kilang Minyak Milik Pertamina di Kukar Terbakar

Kebakaran tangki minyak Pertamina EP Sangasanga Field di site Pusat Pengumpul Produksi (PPP) di Sangasanga Kutai Kartanegara Kaltim. (foto - ist)

Tenggarong - Salah satu tangki minyak Pertamina EP Sangasanga Field di site Pusat Pengumpul Produksi (PPP) di Sangasanga Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, terbakar usai disambar petir. Kurang dari 30 menit, api berhasil dipadamkan.

Berdasarkan keterangan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.15 Wita. Tangki yang terbakar adalah tangki H-4 bekapasitas 14.535 meter kubik. Belum diketahui jenis minyak yang berada di dalam tangki raksasa itu. Namun, dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Sebelum kejadian, Sangasanga memang sedang dirundung awan mendung. Pada saat bersamaan, sedang dilakukan proses loading minyak ke kapal dari tangki pengumpul. Seketika petugas di lokasi melihat adanya petir menyambar hingga mengakibatkan percikan api dan ledakan. Loading pun sempat dihentikan sementara.

Aparat Polsek Sangasanga langsung ke lokasi melakukan sterilisasi sekitar kilang. Bahkan, warga setempat dievakuasi ke tempat yang aman. "Ya ada tangki minyak terbakar di Sangasanga akibat disambar petir," kata Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar, Senin (7/5/2018).

Menurut Haidar, kobaran api dengan cepat tertangani petugas pemadam Pertamina dan pihak lainnya yang diterjunkan ke lokasi. Diakui, pihaknya belum tahu persis kronologi peristiwa itu, apakah terjadi saat pengisian atau loading minyak dari tangki atau bukan. Namun, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,