2.300 Mahasiswa Baru ITB Jalur SNMPTN lakukan Registrasi

2.300 Mahasiswa Baru ITB Jalur SNMPTN lakukan Registrasi

Calon mahasiswa ITB yang lolos seleksi SNMPTN 2018 melakukan pendaftaran di Kampus ITB Jatinangor Sumedang. (foto - Humas ITB)

Sumedang - Sekitar 2.300  mahasiswa baru  ITB yang lolos  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN)  2018, melaksanakan pendaftaran di Kampus ITB Jatinangor Kabupaten Sumedang, Selasa (8/5/2018).

Kali ini merupakan tahun ketiga pendaftaran calon mahasiswa baru ITB mengambil tempat di kampus ITB Jatinangor. Selain bertujuan memperkenalkan Kampus ITB Jatinangor, juga agar calon mahasiswa yang sudah diterima di SNMPTN 2018 mengambil kesempatan baik tanpa mengikuti ujian SBMPTN.

"Jangan hanya kenal kampus Ganesa, karena sebagian yang diterima juga akan berkuliah di Kampus ITB Jatinangor," kata Wakil Direktur Eksekutif Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana dan Vokasi Direktorat Eksekutif Pengelolaan Mahasiswa Baru dan Kerja Sama Pendidikan (DEKTM) ITB, Syarief.

Mengenai alasan kenapa lokasi pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN 2018 berlokasi di Kampus Jatinangor, Syarief mengatakan, ITB  melaksanakan pendaftaran di Kampus Jatinangor agar jauh dari lokasi ujian SBMPTN 2018. Dan alasan diselenggarakan berbarengan agar siswa yang terdaftar di SNMPTN tidak lagi mengikuti SBMPTN.

Menurutnya, penutupan gerbang Kampus ITB Jatinangor juga dilakukan untuk mendukung aturan itu. "Bagi yang masuk (area kampus) tidak boleh keluar. Sebab, saat yang bersamaan sedang dilaksanakan ujian tulis SBMPTN di seluruh PTN," tegas Syarief.

Ia menjelaskan, ketentuan pendaftaran calon mahasiswa baru bersamaan dengan ujian tulis SBMPTN merupakan ketentuan yang ditetapkan secara nasional oleh panitia pusat SBMPTN 2018, yang melibatkan banyak pihak. 

"Semua pegawai DEKTM dilibatkan, juga ada dua orang perwakilan per Fakultas Sekolah, Lembaga Kemahasiswaan dan juga sekitar 30 orang mahasiswa yang ada di Kampus ITB Jatinangor," katanya.

Ia mengatakan, proses pendaftaran dimulai dengan validasi kelengkapan persyaratan dan berakhir dengan pengambilan foto, sedangkan Kartu Tanda Mahasiswa baru akan diperoleh saat pelaksanaan pendaftaran calon mahasiswa baru ITB jalur SBMPTN.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiswa baru ITB. "Kepada setiap mahasiswa baru yang sudah berhasil lolos SNMPTN, kami ucapkan selamat semoga perjalanan kalian diberikan kelancaran dan kemudahan, dan lulus dari ITB untuk menyongsong masa depan yang lebih baik," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,