Pelaku Penambangan Emas Ilegal di Kuansing Diringkus

Pelaku Penambangan Emas Ilegal di Kuansing Diringkus

Penambangan emas ilegal di Sungai Batang Lombu Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuansing Riau. (foto - ist)

Kuansing - Kepolisian Resor Kuantan Singingi meringkus seorang pelaku penambang emas tanpa izin di Sungai Batang Lombu Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuansing Riau. Polisi mengamankan sejumlah peralatan penambang emas yang dijadikan barang bukti.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Fibri Karpiananto menyebutkan, pelaku tertangkap basah dalam sebuah penggerebekan. "Saat itu pelaku inisial RS sedang melakukan aktivitas penambangan emas ilegal, ia sendirian," kata Fibri, Kamis (10/5/2018)

Pelaku berdomisili tidak jauh dari lokasi penangkapan, yakni di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kuansing. Penangkapan berawal dari informasi masyarakat, yang menyebutkan adanya kegiatan penambang emas ilegal di Sungai Batang Limun.

"Begitu mendapat laporan, Tim Satuan Reskrim Polres Kuansing yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Hotmartua Ambarita melakukan penyelidikan," tegas Fibri.

Tiba di lokasi, polisi langsung mengamankan pelaku dan sejumlah barang bukti. Antara lain 1 unit mesin diesel merk Tianli, 1 paralon, 1 Spiral, 1 lembar karpet, 1 keong, 1 botol kecil berisi air raksa. Barang-barang tersebut digunakan pelaku untuk melakukan penambangan emas.

"Saat ini pelaku sudah ditahan, dan barang bukti disita di Mapolres Kuansing untuk proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,