Tiga Jalan di Kota Bandung Resmi Berganti Nama

Tiga Jalan di Kota Bandung Resmi Berganti Nama

Tiga jalan di Kota Bandung resmi berganti nama. (foto - prfmnews)

Bandung - Tiga ruas jalan di Kota Bandung resmi berganti nama. Jalan Gasibu kini menjadi Jalan Majapahit, sedangkan Jalan Cimandiri bernama Jalan Hayam Wuruk. Untuk Jalan Pusdai berubah menjadi Jalan Citraresmi.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, pergantian nama ini dilakukan sebagai bentuk rekonsiliasi antara budaya Jawa dan Sunda.

"Penggantian nama melalui musyawarah. Pemilihan jalan di dekat pusat pemerintahan provinsi juga menambah nilai lebih," katanya seusai meresmikan Jalan Majapahit, Hayam Wuruk dan Citraresmi dalam acara Harmoni Budaya Jawa-Sunda di Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (11/5/2018).

Diharapkan, pergantian nama jalan tersebut dapat meleburkan sekat budaya yang kerap hadir dalam momen-momen tertentu. Ia pun ingin budaya Sunda - Jawa bisa berakulturasi menghadirkan sebuah harmoni.

"Ke depan kita juga lakukan berbagai pertemuan lanjutan untuk memperkuat harmoni budaya, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat hingga kerja sama pariwisata," tegasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai, rekonsiliasi budaya Jawa dan Sunda sudah sesuai harapan. Ia berharap, ketiga kepala daerah dapat memberikan sumbangan pemikiran bahwa pendekatan budaya bisa menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan.

Sebelumnya, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah meresmikan Jalan Padjadjaran dan Siliwangi pada 3 Oktober 2017 lalu. Kemudian Jalan Padjadjaran dan Siliwangi juga diresmikan oleh Pemerintah Jawa Timur, 6 Maret 2018 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,