Surabaya Diguncang Jazz Traffic Festival Selama Dua Hari

Surabaya Diguncang Jazz Traffic Festival Selama Dua Hari

Penyanyi Ita Purnamasari (kedua kiri) duet dengan Dwiki Dharmawan dan grup musik World Peace Orchestra pada pagelaran Jazz Traffic Festival 2014 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/11) malam. Festival Jazz tahunan yang keempat tersebut menampilkan aranseme

Surabaya - Ribuan penikmat musik jazz di Surabaya dimanjakan oleh penampilan artis-artis dalam Bank Jatim Jazz Traffic Festival (JTF) yang digelar di Grand City Surabaya Sabtu (22/11) siang hingga malam.

Sejumlah grup musik dan artis yang tampil dalam acara hasil kolaborasi Suara Surabaya Media dengan Bank Jatim tersebut tidak hanya menampilkan tembang lawas andalannya tapi juga karya terbaru mereka. 

Fariz RM misalnya, membuka penampilannya dengan membawakan lagu  "Selangkah ke Seberang" dan "Barcelona". Penonton diajak bernostalgia dengan membawa ke era 1980-an. Penonton pun larut ikut bersenandung.

Fariz juga berduet dengan Tiwi Shakuhachi ketika membawakan tembang "Nada Kasih". Duet ini mengingatkan penikmat jazz saat Fariz berduet dengan Neno Warisman di era 90-an. 

Nuansa nostalgia sangat terasa karena Fariz mengakui bahwa dia sudah lama tidak menyapa penggemarnya di Jawa Timur yang diakui pula teman mainnya Totong Wicaksono. Apalagi keduanya pernah tinggal di Surabaya. 

Sementara itu, grup musik World Peace Orchestra (WPO) yang dimotori Dwiki Dharmawan yang tampil di panggung berbeda meski masih dalam satu komplek di Grand City Surabaya langsung mendapat sambutan hangat ketika membuka penampilannya dengan instrumentalia "Arafura" dan "Jangger" yang memadukan unsur fusion jazz, world music, rock, pop dan etnik. 

Dwiki dan kawan-kawan disambut meriah ketika mengajak isterinya Ita Purnamasari yang asli Surabaya dalam satu panggung. Ita Purnamasari mengawali penampilannya dengan membawakan lagu "Lir Ilir".

Ita kembali mendapat tepuk tangan meriah ketika membawakan lagu favoritnya "Making Love Out Of Nothing At All dari Air Supply" dan lagu andalannya "Cintaku Padamu" yang dibawakan sekitar dua puluh tahun lalu. 

Penikmat musik jazz di Surabaya dan Jawa Timur masih akan mendapat suguhan grup musik jazz yang akan tampil pada hari ini. Bank Jatim Jazz Traffic Festival digelar dua hari, yakni 22-23 November 2014. 

Jazz Traffic Festival di Surabaya kali ini merupakan yang ke empat kalinya. Tiga tahun sebelumnya penyelenggaraan hanya sehari, tapi JTF kali ini mengusung konsep "3 stages on 2 days", yakni digelar dalam tiga panggung selama dua hari dengan jumlah artis yang lebih bervariasi.

Sekitar 40 artis dan grup musik jazz tampil dalam JTF, di antaranya Krakatau Reunion, Gugun Blues Shelter, Tulus, Yovie n Nuno, Indra Lesmana, Raisa, Afgan and His Big Band, BLP, Dwiki Dharmawan and World Orchestra, Ita Purnamasari, Indra Lesmana, Dewa Budjana, Tompi bersama Dr and The Professor, serta beberapa artis lainnya.(Ode)**

.

Categories:Musik,
Tags:musik,