Jalur Pendakian Ciremai Lewat Palutungan Sementara Ditutup

Jalur Pendakian Ciremai Lewat Palutungan Sementara Ditutup

Salah satu jalur pendakian paling miring di Gunung Ciremai. (foto - @linggarjati_inf)

Kuningan - Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) dan Ranger Jalur Palutungan memutuskan untuk menutup sementara aktivitas pendakian di Jalur Pendakian Gunung Ciremai, lewat Dusun Palutungan Desa Cisantara Kecamatan Ciugur Kabupaten Kuningan selama bulan Ramadan.
 
Berdasarkan keterangan Ketua PPGC Jalur Palutungan Endun Abdullah didampingi anggotanya Sandi Baron menyebutkan, penutupan jalur Palutungan diberlakukan selama satu bulan penuh mulai tanggal 17 Mei hingga 17 Juni 2018.
 
"Selama itu, PPGC Palutungan tidak akan membuka layanan pendakian Ciremai. Pos tiket pendakian tutup, sehingga tidak ada penjualan tiket," kata Sandi, Kamis (17/5/2018).
 
Untuk mencegah pendaki masuk ke Jalur Palutungan, personel Ranger akan piket secara bergiliran untuk mengawasi dan mencegah pendaki masuk jalur tersebut. Pengawasan dilakukan di sejumlah titik pintu masuk jalur Palutungan.
 
"Jika dalam masa penutupan jalur ada pendaki lolos dari pengawasan dan memaksakan diri memasuki jalur Palutungan, berarti itu pendaki ilegal. Jika mengalami musibah atau masalah kepada yang bersangkutan, itu di luar tanggung jawab kami. Risikonya tanggung sendiri," tegas Sandi.
 
Disebutkan, ada beberapa alasan penutupan jalur Palutungan dilakukan. Antara lain karena personel PPGC dan Ranger di bulan puasa sengaja ingin meliburkan diri dari urusan pelayanan pendaki. Selain itu demi pemulihan habitat Ciremai di sepanjang jalur pendakian.
 
"Paling tidak selama satu bulan, berbagai satwa yang biasa berkeliaran di sekitar jalur Palutungan bisa leluasa berkeliaran dan beraktivitas tanpa terganggu oleh kehadiran manusia," katanya.
 
Ia menambahkan, keputusan PPGC Palutungan menutup jalur Palutungan untuk pendakian Ciremai selama satu bulan ke depan, sudah dilaporkan resmi kepada Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,