Plat Sambung Rel Kereta Hilang Perjalanan Dua KA Dialihkan

Plat Sambung Rel Kereta Hilang Perjalanan Dua KA Dialihkan

Plat Sambung Rel Kereta antara Stasiun Pegadenbaru - Cipunegara Kabupaten Subang hilang. (foto - ist)

Cirebon- Perjalanan dua kereta api (KA) yang melintasi antara Stasiun Pegadenbaru - Cipunegara Kabupaten Subang sempat terganggu, menyusul hilangnya plat sambung rel akibat dicuri, Jumat (18/5/2018).
 
Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro hilangnya plat sambung rel diketahui petugas pemeriksa jalan (PPJ), Jumat subuh sekitar 04.45 WIB. Kejadian itu dianggap membahayakan perjalanan KA sehingga dilaporkan kepada pihak kepolisian.
 
"Petugas menemukan rel yang seharusnya ada plat sambungnya, hilang pada bagian kanan dan kiri di Km 130+6/7 antara Pegadenbaru-Cipunegara," katanya.
 
Temuan itu pun dilaporkan petugas ke stasiun yang segera merespon untuk pelayanan KA dilewatkan jalur lainnya. Akibat kejadian itu, perjalanan dua kereta barang petikemas terganggu, yakni KA 2506 dan KA 2504.
 
"Kalau dipaksakan jalan dengan kondisi tanpa plat sambung rel, maka rel bisa bergeser hingga ujung dengan ujung rel tidak presisi. Bisa terjadi anjlok dan kalau kecepatan tinggi dimungkinkan terguling," kata Kris.
 
Ia menduga, plat sambung rel hilang dicuri karena enam baut yang terikat dengan rel itu hiang. Aksi pencurian berpotensi dilakukan pihak tak bertanggung jawab yang hendak mengambil keuntungan dari besi yang dicuri.
 
Sejauh ini, petugas bagian jalan rel telah menindaklanjutinya dengan mengganti plat sambung dan selesai pukul 05.50 WIB. Dengan begitu, KA dinyatakan aman melintasi titik tersebut dengan kecepatan normal. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,