Hamilton Juara Dunia F1 2014

Hamilton Juara Dunia F1 2014

Hamilton Juara Dunia F1 2014

Abu Dhabi - Lewis Hamilton dimahkotai gelar juara dunia kategori pebalap 2014 pada Minggu (23/11/2014), setelah ia memenangi balap penutup musim Grand Prix Abu Dhabi.
 
Pebalap Inggris berusia 29 tahun itu, yang memenangi gelar pertamanya pada 2008, meraih kemenangannya yang ke-11 di musim Formula 1 untuk menutup musim dengan 384 angka.
 
Pesaing terberatnya yang start dari posisi terdepan Nico Rosberg, rekan setim Hamilton di Mercedes, gagal tampil gemilang akibat mengalami masalah mesin sehingga pebalap Jerman itu tertinggal jauh dari Hamilton.
 
"Woooooaaahh juara dunia, Oh Tuhan, (saya) tidak dapat mempercayainya, terima kasih untuk semuanya," kata Hamilton setelah mengambil bendera kotak-kotak (chequered flag).
 
Salah satu sosok utama yang pertama kali memberinya selamat adalah Pangeran Harry dari Inggris, yang berkata dari garasi Mercedes, "Selamat Lewis, Anda merupakan legenda." Hamilton memenangi balap terakhir musim ini, di mana pebalap Williams Felipe Massa finis di urutan kedua, sedangkan pebalap Williams lainnya Valtteri Bottas menghuni urutan ketiga.
 
Rosberg, yang mendapat aib karena dilewati satu putaran oleh Hamilton, finis di posisi ke-14.
 
Ia menghuni peringkat kedua di klasemen pebalap dengan 317 angka, sedangkan peringkat ketiga diduduki pebalap Red Bull Daniel Ricciardo. (AY)
.

Categories:Otomotif,
Tags:otomotif,