Densus Geledah Rumah Teroris di Tiga Tempat Tasikmalaya

Densus Geledah Rumah Teroris di Tiga Tempat Tasikmalaya

Tim Densus 88 menggeledah rumah di Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Selasa 29 Mei 2018. (foto - ist)

Tasikmalaya - Tim Detasemen Khusus (Denus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menggeledah rumah terduga teroris di Kota Tasikmalaya, Selasa (29/5/2018).

Didampingi Polresta Tasikmalaya, Densus menggeledah rumah dan bengkel yang ditempati GL di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya serta kontrakan yang ditempati AJ di Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi.

Berdasarkan informasi, Tim Densus 88 bergerak menuju rumah GL  sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka langsung menuju kediaman GL di RW 03 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari. Begitu tiba polisi langsung memasang police line di sekitar kediaman GL, yang dijaga ketat aparat kepolisian.

Pemeriksaan kediaman terduga teroris itu berlangsung kurang lebih 45 menit. Dari rumah GL, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain buku-buku, dokumen, laptop, kartu tanda penduduk, senapan angin, busur dan sejenis samurai.

Menurut Ketua RW setempat, Abdul Hamid sejak pagi kabar penangkapan GL oleh tim Densus 88 sudah terdengar santer di kalangan warga. Namun,  ia belum dapat memastikan apakah GL benar diamankan atau tidak. Menurutnya, istri dan anak GL juga tidak mengetahui keberadaan GL.

"Infonya ada penggerebekan di Blok Dua. Tadi pagi pas sahur, katanya dia ada beraktifitas seperti biasa. Di telepon istrinya juga tidak bisa," kata Abdul Hamid.

Menurutnya, GL diketahui sudah menempati rumah di Kelurahan Sukajaya Bungursari sejak tiga tahun lalu. Ia tinggal bersama anak dan istrinya. Sehari-hari, GL berprofesi sebagai tukang las dan mengerjakan pesanan pagar. "Ia bukan asli warga sini, aktivitas sehari-harinya tidak ada yang mencurigakan," katanya.

Penggerebekan berlanjut ke sebuah bengkel sekaligus rumah milik orangtuanya di Jalan Aboh Kelurahan Sukamulya. Polisi tidak mengamankan barang apapun dari bengkel GL. Dari Sukamulya, polisi bergerak ke kontrakan yang ditempati AJ di Kampung Sangkali Kelurahan Lingga Jaya Kecamatan Mangkubumi. 

Menurut penuturan warga, AJ baru menempati rumah kontrakan itu selama dua bulan. Sehari-hari AJ dikenal pribadi yang tertutup. "Penggeledahan mungkin ada sekitar satu jam, ada  istrinya juga, tetapi AJ tidak ada,” kata warga.

Kepala Polresta Tasikmalaya Ajun Komisaris Besar  Febry Kurniawan Ma’ruf menyebutkan, Polresta Tasikmalaya hanya melakukan pendampingan kepada tim Densus.  Dipastikan, proses penggeledahan sudah sesuai prosedur karena disaksikan pejabat RT, RW, tetangga dan beberapa saksi.

Penggeledahan terkait dugaan jaringan teroris GL dan AJ. Namun, Febry tidak dapat memastikan, apakah GL dan AJ sudah diamankan atau belum. "Kami masih cari informasi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,