8 Orang Tewas Kebakaran Rumah Kos di Kebalen Surabaya

8 Orang Tewas Kebakaran Rumah Kos di Kebalen Surabaya

Kebakaran rumah kos di Jalan Kebalen Kulon 2 nomor 9 Surabaya Jatim. (foto - ist)

Surabaya - Rumah kos yang berada di Jalan Kebalen Kulon 2 nomor 9 Surabaya ludes terbakar. Selain kobaran api meluluhlantakkan tempat kos berlantai dua tersebut, kebakaran itu juga menewaskan delapan orang dan sejumlah orang terluka.

"Korban yang meninggal delapan orang, 7 orang dewasa dan seorang bayi. Sedangkan satu orang lainnya mengaami luka-luka," sebut Kepala BPB Linmas Eddy di Surabaya, Selasa (29/5/2018). Korban meninggal dievakuasi ke RSU dr. Soetomo. Sementara korban luka dibawa ke RS Soewandhi.

Kebakaran yang melanda bangunan permanen itu tak hanya menelan korban, tapi juga menghanguskan mobil Avanza dengan nomor polisi L 1274 PK, yang saat itu tengah terparkir di gudang. Ada pula sepeda motor Supra Fit yang terkena imbas kebakaran.

Sedikitnya delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokai untuk memadamkan kobaran api. Namun sebelum pemadam kebakaran tiba di lokasi, atap rumah tersebut telah roboh.  "Atap rumah sudah roboh ketika pemadam tiba di lokasi," tegas Eddy.

Diketahui, rumah kos tersebut milik Hj. Hadiri, yang terdiri atas 2 kamar di bawah dan 4 kamar di lantai dua. Rumah kos tersebut diperkirakan menampung 20 orang. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan, ke-8 korban meninggal diketahui saat api selesai dipadamkan dan proses pembasahan.

"Kurang lebih satu jam berhasil dipadamkan, diketahui setelah selesai api padam ada beberapa korban meninggal dunia, yang berkumpul di satu tempat. Terdiri atas seorang anak kecil (bayi), tiga anak-anak dan empat orang dewasa," kata Antonius.

Menurut Antonius, ada saksi yang berhasil selamat yang sudah diidentifikasi, yang langsung dilarikan ke RS Soewandhi dan PHC. "Kita rawat dan obati kemudian dimintai keterangan," katanya.

Menurut saksi mata yang selamat, api berasal dari kamar bawah yang dekat dengan tangga, lalu membesar dan korban terjebak tidak bisa menyelamatkan diri. "Korban selamat sekitar 12 orang, dan tersebar di beberapa rumah sakit," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,