Sungai Indragiri Meluap

Sungai Indragiri Meluap

Sungai Indragiri Meluap

Rengat - Sungai Indragiri Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, meluap hingga sejumlah pemukiman penduduk yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) terendam.
 
"Kami harus merasakan kesedihan ini, setiap tahun banjir bandang pasti datang karena solusi mengatasi banjir belum ada dari pihak pemerintah," kata salah seorang tokoh masyarakat Pematang Reba, Yudi (34) di Rengat, Minggu (23/11/2014).
 
Ia mengatakan, banjir tahunan ini datang sejak awal November 2014 dan berakhir hingga Februari 2015 mendatang, setiap tahun ribuan warga sepanjang aliran sungai terpaksa mengungsi ke tempat rumah warga yang aman.
 
Sejumlah warga desa di kecamatan se Indragiri Hulu sudah banyak yang tidak bisa beraktivitas, lahan pertanian terendam, ternak ada yang hanyut karena itu sangat berharap adanya uluran tangan dan bantuan dari pemerintah setempat.
 
"Kami masih membutuh bantuan bahan makanan," kata salah satu warga Seberida Yono sambil membersihkan rumah yang terendam air.
 
Menurut dia, sudah sebulan hujan melanda wilayah Indragiri Hulu belum ada bantuan dari pihak pemerintah, sementara ada sejumlah warga desa yang sudah tidak bisa lagi keluar dari daerahnya karena jalan desa putus.
 
Posko yang disiapkan instansi pemerintah hanya berada di areal kota, warga di pelosok tidak bisa mengunjungi posko tersebut, karena itu sebaiknya petugas posko turun ke lapangan hingga menjumpai warga yang rumahnya terendam hingga menggetahui kebutuhan masyarakat.
 
Warga Rengat, Sarman (45) juga mengatakan, sungai Indragiri saat ini sudah hampir masuk jalan kota, jika hujan tetap turun dalam beberapa hari ke depan, maka diperkirakan debit ait semakin berbahaya, saat ini saja sungai sudah kotor, sampah memenuhi sepanjang aliran sungai.
 
"Sepanjang aliran sungai, warga sudah ketakutan, arus sungai sangat kencang, khawatirnya anak SD tidak bisa pergi ke sekolah karena takut," ujarnya.(AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,