Jalan Amblas, Belasan Ribu Warga di Dua Desa Terisolasi

Jalan Amblas, Belasan Ribu Warga di Dua Desa Terisolasi

Jalan antara Desa Cisalak ke Kutabima dan Karangsari di ujung perbatasan Cilacap amblas. (foto - BPBD Cilacap)

Cilacap - Dua desa di Cilacap Jawa Tengah terisolasi akibat jalan amblas sedalam tiga meter. Jalan yang menghubungkan antara Desa Cisalak ke Kutabima dan Karangsari di ujung perbatasan itu amblas, menyusul hujan deras yang turun tak henti-henti di wilayah itu, Jumat (1/6/2018).

Kandungan air tinggi menyebabkan tanah kehilangan cengkeramannya. Ini yang terjadi di Cilacap bagian barat. Wilayah yang sebagian besar desanya berada di zona merah longsor, lantaran berada di lereng pegunungan tengah Jawa yang membentang di lima kecamatan.

Pada peralihan musim ini, wilayah Cilacap bagian barat mendadak diguyur hujan deras. Memang, berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, masa peralihan musim tidak berarti nihil hujan deras.

Hujan yang turun sepekan berturut-turut pada pertengahan hingga awal pekan ketiga Mei 2018 itu menyebabkan tanah di kawasan Perhutani titik Pasir Haji, Kutabima retak-retak dan sedikit amblas. Jalan berstatus milik kabupaten tersebut menghubungkan Desa Cisalak ke Kutabima dan Karangsari di ujung perbatasan.

Sepekan kemudian saat hujan tak lagi turun, tiba-tiba tanah yang tadinya hanya retak-retak menjadi amblas. Bahkan, jalan tersebut amblas hingga sedalam tiga meter. Akibatnya, belasan ribu orang di dua desa terisolasi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,