Gudang Kapas di Kopo Permai Terbakar Kerahkan 11 Damkar

Gudang Kapas di Kopo Permai Terbakar Kerahkan 11 Damkar

Kebakaran gudang penyimpanan kapas di Jalan Kopo Bihbul Margahayu Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Gudang penyimpanan kapas  yang berada di Jalan Kopo  Bihbul Kopo Permai  Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung ludes terbakar, Senin (4/6/2018)  sekitar pukul 07.00 WIB. Tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah.

Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung berupaya untuk memadamkan kobaran api. Selain itu, beberapa pegawai pabrik rumahan itu pun sempat menyelamatkan barang barang yang belum terbakar.

Berdasarkan penuturan saksi mata, diduga kebakaran terjadi dipicu oleh korsleting listrik. Saat kejadian, para pekerja belum masuk ke dalam gudang. "Yang kebakar bahan baku kapas. Ada dua ruangan gudang kain yang terbakar," katanya.

Menurutnya, api berasal dari korsleting listrik ketika pekerja hendak menyalakan mesin terjadi hubungan arus pendek yang menimbulkan percikan api. Beruntung, saat kejadian pekerja belum pada datang. "Gudang itu sudah beroperasi sekitar 3 tahun," katanya.

"Objek yang terbakar tiga gudang," kata Kasi Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Santo. Hingga siang hari sekitar pukul 12.00 WIB, api masih belum padam, meski sudah dikerahkan 11 unit mobil pemadam kebakaran (MPK).

"Dua unit dari Kota Bandung, dua unit Cimahi Bandung Barat, sisanya dari Kabupaten Bandung termasuk satu unit mobil rescue," katanya. Petugas menghadapi kendala akses masuk mobil pemadam ke titik api, karena area kebakaran terjadi di dalam gedung.

Menurutnya, gudang itu tidak ada sumber air atau hydrant, sehingga MPK harus mengambil sumber air di lokasi lain. "Air aman meski tidak ada hydrant. Kami memanfaatkan air kolam yang ada di depan Samsat Margahayu," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,