Pencuri Spesialis Tempat Kos Diringkus di Kawasan Cicendo

Pencuri Spesialis Tempat Kos Diringkus di Kawasan Cicendo

US, pelaku pencurian dengan pemberatan diringkus Unit Reskrim Polsek Cicendo. (foto - ist)

Bandung - US, seorang pelaku pencurian dengan pemberatan berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Cicendo. Target yang menjadi sasaran rumah kos yang tengah ditinggalkan oleh sang pemilik. Waktu yang diperlukan untuk melakukan aksinya pun terbilang singkat.

"Kurang dari 5 menit," kata Kapolsek Cicendo Edy Kusmawan di Mapolsek Cicendo, Selasa (5/6/2018). Menurutnya, pengungkapan itu didasari adanya laporan pencurian di salah satu tempat kos di Jalan Pajajaran Kelurahan Husein Sastranegara Kecamatan Cicendo Bandung, pada Jumat 1 Juni 2018. 

Petugas menindaklanjuti dengan mengumpulkan bahan keterangan, termasuk olah tempat kejadian perkara serta rekaman kamera pemantau (CCTV) di sekitar lokasi. Pengejaran pun dilakukan terhadap pelaku yang teridentifikasi berinisial US. 

Ia ditangkap di tempat persembunyian di kawasan Gunung Batu Kecamatan Sukaraja Kota Bandung. Bersamaan dengan penangkapan itu, petugas menyita sejumlah barang bukti, antara lain 1 televisi, 1 laptop, 1 ponsel, serta sepeda motor jenis matik yang digunakan dalam pencurian.

Edy menjelaskan, tersangka selalu melakukan aksinya seorang diri. Beberapa saat sebelum mencuri, ia terlebih dahulu memantau keadaan di sekitar lokasi yang menjadi sasaran, termasuk bagaimana kebiasaan korban.

Pelaku melengkapi diri dengan sejumlah perkakas untuk membongkar pintu masuk, seperti obeng atau tang. "Sudah dipetakan dulu bagaimana kebiasaan korban. Setelah kosong baru ia masuk," katanya.

Hal itu sudah dilakukan berulangkali di sejumlah lokasi khususnya di kawasan Cicendo. Dari pengakuan tersangka, sudah 8 kali.  Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman lima tahun penjara. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,