Nelayan Pangandaran Tangkap Ikan Marlin Seberat 250 Kg

Nelayan Pangandaran Tangkap Ikan Marlin Seberat 250 Kg

Ikan black marlin jadi tontonan warga Parigi Kabupaten Pangandaran. (foto - ist)

Pangandaran - Tertangkapnya ikan marlin seberat 250 kilogram menjadi tontonan warga Parigi Kabupaten Pangandaran. Ikan marlin itu ditangkap oleh Ehem (47), nelayan asal Bojongsalawe Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran saat menangkap ikan di laut.

"Begitu ditarik jaringnya kok berat sekali, ternyata saat diangkat ke permukaan ada ikan besar yang nyangkut di jaring," kata Ehem, Senin (11/6/2018). Dengan susah payah dan dibantu nelayan lainnya, akhirnya ikan berukuran besar itu berhasil diangkat dan dibawa ke darat.

Kepala Desa Karangjaladri Dedi Kurniadi mengatakan, ikan yang saat ini menjadi ikon Kabupaten Pangandaran itu sempat jadi tontonan warga dan dijadikan ajang swafoto. "Berat ikan marlin mencapai sekitar 250 kg, dengan taksiran harga jual sekitar Rp 5 juta," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran Fuad Husen menyatakan, ikan marlin memiliki banyak jenisnya.

Menurutnya, dua jenis ikan marlin yang paling umum, yakni black marlin dan blue marlin. Khusus ikan blue marlin, selain harganya sangat mahal juga untuk mendapatkannya sangat sulit. Sebab harus di kedalaman laut ratusan meter, dan hanya ada di Samudera Hindia.

Harga ikan blue marlin mencapai beberapa kali lipat dari dari black marlin. "Kalau yang ditangkap oleh nelayan Bojongsalawe itu sejenis ikan black marlin," katanya.

Ia mengatakan, meski sulit didapatkan ikan marlin bukan terbilang binatang yang langka dan bukan hewan yang dilindungi. "Ya memang tergolong sulit untuk menangkapnya. Ikan marlin banyak, tapi harus di laut dalam," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,