Canda Bom, Penumpang Wings Air Diamankan di Padang

Canda Bom, Penumpang Wings Air Diamankan di Padang

Penerbangan pesawat Wings Air di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumbar tertunda. (foto - ist)

Padang - Gara-gara bercanda soal bom menyebabkan penerbangan salah satu pesawat Wings Air di Bandara Internasional Minangkabau Padang Sumatra Barat tertunda.

Berdasarkan keterangan Manajemen Wings Air menyatakan, setelah memastikan tidak ada ancaman bom, semua penumpang diterbangkan dengan pesawat terebut, Senin (11/6/2018).

Pesawat yang sempat ditunda keberangkatannya tersebut bernomor IW1293, dengan tujuan akhir Bandara Sultan Thaha di Jambi. Semua penumpang dipastikan selamat dan tidak ada yang terluka.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala mengatakan, pesawat itu sudah lepas landas pukul 17.43 WIB dari jadwal terbang semula pukul 16.00 WIB. Pesawat jenis ATR 72-600 itu membawa 47 penumpang dewasa, satu anak-anak dan dua bayi.

"Kejadian itu terjadi saat penumpang selesai masuk ke pesawat (final boarding) pukul 15.50 WIB. Yang bersangkutan mengaku membawa bom pada barang bawaan, yang disampaikan saat pramugari akan memindahkan barang itu," kata Danang.

Untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, pilot beserta seluruh kru segera berkoordinasi dan menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar penanganan ancaman bom. Seluruh penumpang, barang bawaan dan kargo dikembalikan lagi ke terminal keberangkatan untuk tahapan pengecekan ulang.

"Dengan kerja sama yang baik antara kru pesawat, petugas layanan di darat (ground handling) dan petugas keamanan (Aviation Security/Avsec), maka proses pemeriksaan dapat diselesaikan secara teliti, tepat dan benar," tegasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lainnya yang mencurigakan di pesawat, yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan. Manajemen juga memastikan pesawat itu laik terbang. 

Mengenai pelaku menurut Danang, sesuai prosedur penanganan penumpang, manajemen Wings Air memutuskan untuk tidak menerbangkan dan menurunkan pelaku berikut barang bawaannya.

"Pelaku sudah kita serahkan ke pihak Avsec Minangkabau Airport dengan didampingi Otoritas Bandar Udara Wilayah VI. Hal itu ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Avsec Angkasa Pura II Cabang Minangkabau, serta Kepolisian Bandar Udara Minangkabau (Polsek) ke Polisi Militer Sumatera Barat untuk selanjutnya dilakukan proses penanganan lebih lanjut," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,