Lalin Dialihkan Jika Kendaraan Makin Padat di Malangbong

Lalin Dialihkan Jika Kendaraan Makin Padat di Malangbong

Arus lalu lintas di Jalur Selatan Ciawi-Tasikmalaya ke arah Lingkar Gentong Nagrek. (foto - ist)

Bandung - Memasuki arus  balik Lebaran 2018,  petugas  kepolisian  memberlakukan  sistem one way  (satu arah)  di jalur selatan Jabar, mulai dari Tasikmalaya, Ciawi, Gentong, Malangbong, Lewo, Limbangan hingga Nagreg menuju Bandung.
 
Hal itu dilakukan karena semakin padatnya arus balik dari arah timur, Senin (18/6/2018) sekitar pukul 14.40 WIB. Arus balik menuju Bandung mengalami perlambatan, bahkan penumpukan kendaraan mulai dari Gentong, Malangbong hingga Limbangan. 
 
Perlambatan itu sebenarnya masalah klasik dari tahun ke tahun, karena di jalur itu banyak persimpangan kecil. Selain itu, aktivitas masyarakat yang ada di kiri kanan jalur utama tersebut cukup mempengaruhi kepadatan.
 
Namun selepas Cikaledong sampai Pamucatan kemudian Nagreg hingga By Pass Cicalengka, perjalanan bisa dipacu lebih kencang. Berdasarkan pantauan tidak terjadi kepadatan yang berarti, utamanya saat sudah melintasi Lingkar Nagreg.
 
Tak hanya di jalur Malangbong, one way juga akan diberlakukan di jalur Leles Kabupaten Garut. Pasalnya, arus balik dari arah Singaparna, Salawu, Cilawu, Garut menuju Bandung lewat Leles juga bertambah padat.
 
Jika cara bertindak dari kepolisian tersebut tidak mengalami kemajuan, maka akan dilakukan pengalihan arus. Bila jalur Gentong menuju Malangbong sudah terlampau padat, kendaraan akan dialihkan dari Malangbong menuju Sumedang via Wado. 
 
Setelah itu bisa menuju Tanjungsari untuk kemudian ke arah Cileunyi, atau dari Sumedang kota bisa menuju Tomo untuk lanjut ke Tol Cipali bagi pemudik yang menuju Jakarta. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,