Ratusan Pendaki Terjebak di Puncak Gunung Sewu Terbakar

Ratusan Pendaki Terjebak di Puncak Gunung Sewu Terbakar

Pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu di Magetan. (foto - ist)

Magetan - Sedikitnya 200 pendaki belum turun dari puncak pasca-insiden kebakaran hutan di puncak Hargo Tinggil Gunung Lawu di wilayah Kabupaten Karanganyar. Hal itu mendorong kewaspadaan pengelola jalur pendakian Cemoro Sewu di Magetan.
 
"Yang belum turun ada sekitar 200 pendaki. Kita ikut waspada dan was-was karena ada kebakaran di puncak Gunung Sewu," kata Suparman, seorang petugas retribusi pendakian Cemoro Sewu, Rabu (20/6/2018).
 
Dari 200 pendaki tersebut, yang terakhir kali naik adalah pada tanggal 18 dan 19 Juni 2018. Sedangkan untuk hari ini, dipastikan tidak ada yang berangkat mendaki karena jalur itu telah ditutup sejak Selasa 19 Juni sore, atau sejak ada kabar hutan di puncak Gunung Lawu di wilayah Karanganyar kebakaran.

"Itu semua yang belum turun dari pendaki selama dua hari. Namun sebagian sudah mulai turun tadi pagi," katanya. Para pendaki itu berasal dari luar daerah, antara lain dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Madiun dan Ponorogo. 

Namun, pihak pengelola telah dibantu oleh Tim SAR dan polisi serta Perhutani untuk meminta para pendaki turun. "Tim SAR dan juga pihak kepolisian dan Perhutani bersiaga di pintu masuk Cemoro Sewu," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,