Banjir di India dan Bangladesh Menewaskan Puluhan Orang

Banjir di India dan Bangladesh Menewaskan Puluhan Orang

Banjir terjang India dan Bangladesh tewaskan puluhan orang. (foto - Associated Press)

Dhaka - Guyuran hujan deras yang melanda kawasan Asia Selatan memicu banjir bandang di India dan Bangladesh. Banjir tersebut merendam sedikitnya 1.500 desa.
 
Dilansir Reuters, banjir tersebut terjadi pada Selasa 18 Juni, yang dipicu meluapnya Sungai Brahmaputra yang mengalir dari Himalaya hingga Bangladesh.
 
"Situasi masih kritis. Kantor cuaca memperkirakan lebih banyak hujan dan hujan badai dalam 48 jam ke depan," kata Menteri Sumber Daya Air wilayah Assam India, Keshab Mahanta.
 
Akibat terjangan banjir, sedikitnya 20 orang dilaporkan tewas dan menelantarkan sekitar 800.000 orang di negara bagian Assam, Tripura dan Manipur di India. Sementara di Bangladesh, 11 orang tewas dan lebih dari 250.000 orang telantar atau terkena dampak banjir.

Pekan lalu, tanah longsor dan musibah lain yang dipicu oleh hujan menewaskan sedikitnya 12 orang di Bangladesh tenggara, termasuk dua pengungsi Rohingya dari Myanmar yang tinggal di kamp di dekat perbatasan.
 
Di kamp-kamp tersebut terdapat sekitar 700.000 warga Rohingya, meski di lokasi tersebut diyakini sangat rentan terhadap badai di musim hujan yang baru saja dimulai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,