Bus Wisatawan Bandung Terbakar di Jalur Sumedang-Wado

Bus Wisatawan Bandung Terbakar di Jalur Sumedang-Wado

Minibus wisatawan asal Bandung terbakar di tanjakan Eba Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu Sumedang. (foto - ist)

Sumedang - Minibus  yang membawa  rombongan wisatawan asal  Bandung dari  Pangandaran kecelakaan  di ruas  Jalan Sumedang - Wado. Minibus tersebut terbakar di  tanjakan Eba Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu, Minggu (24/6/2018) sekitar pukul 19.20 WIB.
 
Minibus yang mengangkut 31  penumpang itu terbakar kemudian terguling, akibat tak kuat menanjak hingga mundur lagi. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Namun, beberapa penumpang menderita luka-luka saat bus terguling.
 
Para penumpang langsung menyelamatkan diri keluar dari bus. Sejumlah korban luka langsung dilarikan ke Puskesmas Darmaraja, dengan menggunakan mobil ambulans untuk mendapat  perawatan intensif.
 
Minibus Pakar Utama tersebut melaju dari arah Wado menuju Sumedang kota. Bus itu mengangkut  rombongan wisatawan dari Pangandaran yang akan pulang ke Bandung. Bus melintasi jalan alternatif Wado - Sumedang  karena ada pengalihan arus.
 
"Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, sejumlah penumpang terluka. Sebelum bus  terbakar, semuanya sudah keluar dari bus, sehingga terhindar dari kobaran api," kata salah seorang petugas  Polsek Cisitu.
 
Sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang didatangkan dari UPT Darmaraja, berhasil memadamkan kobaran api. Meski api sudah padam, petugas Damkar terus melakukan pendinginan di bagian rangka kendaraan.
 
Selama proses pemadaman, arus lalu lintas di ruas Jalan Sumedang - Wado praktis tertahan dari dua arah. Petugas dari Polsek Cisitu berjaga-jaga di lokasi kejadian. Dua unit ambulans, membawa korban luka untuk mendapat perawatan medis.
 
Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo memastikan, tidak ada korban jiwa dari 31 penumpang dalam bus itu. Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan saat ini sudah diberangkatkan menuju Bandung dengan bus Medal Sekarwangi.
 
Kapolres menyatakan, minibus tersebut tujuannya ke Bandung sehabis melaksanakan wisata di Pangandaran. Sesampainya di Pertigaan Malangbong diarahkan ke Sumedang, karena memang ada pengalihan arus.
 
"Mungkin karena sopirnya tidak biasa melewati jalan ini dan ancang-ancangnya tidak pas, sehingga begitu sampai tanjakan Eba tidak bisa naik. Bus kemudian mundur dan oleng kemudian terbakar,” katanya.
 
Ia mengimbau, bagi pengemudi yang ingin melintasi jalur Malangbong - Sumedang via Wado harus tetap menaati rambu-rambu lalu lintas. Selain itu kondisi kendaraan harus dalam kondisi fit. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,