Satgas Citarum Sektor 21 Tutup Saluran Limbah PT Kahatex

Satgas Citarum Sektor 21 Tutup Saluran Limbah PT Kahatex

Satgas Citarum Sektor 21 tutup saluran pembuangan limbah PT Kahatex, Senin 25 Juni 2018. (foto - ist)

Sumedang - Satgas Citarum Sektor 21 akhirnya  menutup saluran  pembuangan limbah PT Kahatex  yang berada di Jalan Raya Rancaekek Kabupaten Sumedang, Senin (25/6/2018).
 
Komandan Satgas Citarum Sektor 21, Kol Inf Yusep Sudrajat bersama tim dan didukung organisasi masyarakat, komunitas serta organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam Relawan Bela Alam, bahu-membahu untuk menutup lubang pembuangan limbah PT Kahatex.
 
Menurut Yusep, penutupan saluran pembuangan limbah milik PT Kahatex tersebut telah dilaporkan sebelumnya kepada Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, yang didukung oleh Sesjen Wantanas RI Letjen Doni Monardo.
 
"Sebelumnya, pada hari Jumat 22 Juni Satgas mengambil dokumen dan sampel di lapangan. Selanjutnya dilaporkan kepada Pangdam (III/Siliwangi), dan mendukung atas penutupan lubang limbah yang dilakukan hari ini," katanya.
 
Untuk menuju tempat pembuangan limbah perusahaan yang menghasilkan 11 ribu kubik limbah cair per hari itu, petugas dan relawan harus masuk melalui pabrik PT Five Star Textile yang terletak di sebelah PT Kahatex. Juga harus melewati dinding setinggi sekitar 2 meter.
 
 
P
enutupan saluran pembuangan limbah berdiameter lebih dari satu meter itu membuat Satgas Citarum Sektor 21 menurunkan satu unit mobil molen (coran). Selain besarnya diameter lubang pembuangan, derasnya air limbah yang keluar dari saluran pembuangan menjadi kendala tersendiri. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,