Bus Wisata Malino Putra Ludes Terbakar di Tol Cipali Km 96

Bus Wisata Malino Putra Ludes Terbakar di Tol Cipali Km 96

Bus pariwisata Malino Putra terbakar di ruas Tol Cipali Km 96 Jalur B wilayah Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. (foto - ist)

Subang - Bus pariwisata  dengan nomor polisi B 7889 MN  ludes terbakar di  Jalan Tol Cikopo - Palimanan  (Cipali)  Km 96 Jalur B wilayah Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang, Selasa (26/6/2018). Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
 
Berdasarkan informasi, bus pariwisata Malino Putra itu sebelum sampai di lokasi kejadian, bus yang dikemudikan sopir Budiarto dan kondektur Anggi itu terbakar di bagian mesin belakang mobil. Saat keduanya mengetahui ada bagian yang terbakar, langsung menepikan laju bus dan berhenti di bahu jalan sekitar fly over.
 
Sopir dan kernet turun, memeriksa bagian belakang. Saat itu sudah terlihat kobaran api. Kejadian itu diketahui petugas LMS selaku pengelola Tol Cipali. Peristiwa itu dilaporkan dan meminta bantuan pemadaman ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang.
 
Upaya memadamkan api yang dilakukan sopir dan kernet dengan peralatan seadanya tak membuahkan hasil. Api terus membesar dan merembet hingga membakar hampir sebagian besar badan bus.
 
Tim Pemadam Kebakaran dari DPKPB Subang yang tiba di lokasi sempat mengalami kendala. Akhirnya petugas bisa mengendalikan dan memadam api, tapi seluruh badan bus sudah hangus terbakar.
 
Selama penanganan kebakaran berlangsung, arus lalu lintas di jalur B dihentikan sementara. Namun tak berlangsung lama. Setelah api padam dan situasi dinilai aman, arus lalu lintas menuju Jakarta kembali bisa melintas dan perlahan normal kembali.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang, Wawan lewat Kasi Pengendalian Ops Bidang Damkar mengatakan, laporan terjadinya kebakaran diterima sekitar pukul 12.25 WIB.
 
Begitu mendapat laporan tim langsung berangkat dan tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 12.42 WIB. "Yang melapor kebakaran dari LMS. Saat tiba di lokasi ketika hendak melakukan pemadaman kami sempat mengalami kendala, sehingga ada jeda waktus," katanya.
 
Ia menyatakan, sejauh ini penyebab kebakaran belum diketahui. Namun, dari keterangan saksi dugaan awal api berasal dari gesekan kap mesin bagian belakang. Gesekan itu kemungkinan memicu munculnya percikan api, sehingga merembet ke bagian mesin. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,