Banjir dan Longsor di Vietnam, 7 Orang Tewas dan Belasan Hilang

Banjir dan Longsor di Vietnam, 7 Orang Tewas dan Belasan Hilang

banjir dan longsor terjang wilayah Lai Chau dan Ha Giang Vietnam Utara. (foto - VNA/VNS)

Hanoi - Wilayah Lai Chau dan Ha Giang Vietnam Utara diterjang banjir dan tanah longsor sejak Sabtu 23 Juni. Akibat banjir bandang tersebut 7 orang dilaporkan tewas, lima orang luka-luka dan 12 orang lainnya dinyatakan hilang.
 
Dilansir Reuters, Selasa (26/6/2018) badan penanggulangan bencana pemerintah Vietnam mengatakan, banjir bandang tersebut dikarenakan hujan deras yang terus mengguyur. wilayah tersebut.
 
Pejabat penanggulangan bencana di daerah setempat, Vu Van Luat menyebutkan curah hujan di Lai Chau sudah mereda. Namun, pihaknya masih khawatir bertambahnya korban jiwa, mengingat masih ada 12 orang yang belum ditemukan.
 
"Hujan telah mereda di Provinsi Lai Chau, tetapi kami khawatir jumlah korban tewas akan meningkat karena kesempatan bagi yang hilang sangat tipis untuk bisa ditemukan hidup," kata Vu Van Luat.
 
Banjir dan tanah longsor juga mengakibatkan kerusakan bangunan seperti rumah, jalan dan taman di provinsi tersebut. Jumlah kerugiannya mencapai sekitar 76 miliar Dong Vietnam.
 
Seperti diketahui, Vietnam rentan terhadap bencana alam. Negara ini kerap dilanda bencana alam seperti banjir dan angin topan yang menewaskan ratusan orang. Pemerintah Vietnam menyebutkan, sebanyak 389 orang tewas dan 668 luka-luka pada tahun lalu akibat bencana alam. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,