Unggul Hitung Cepat, Emil Minta Hindari Euforia Berlebihan

Unggul Hitung Cepat, Emil Minta Hindari Euforia Berlebihan

Ridwan Kamil sujud syukur setelah unggul dalam penghitungan cepat sejumlah lembaga survei. (foto - ist)

Bandung - Unggul dalam  penghitungan  cepat  (quick count)  yang dirilis  sejumlah  lembaga survei,  calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sujud syukur. Pasangan nomor urut satu itu meraih sekitar 32 sampai 33 persen menggungguli tiga pasangan lainnya.
 
Versi hitung TPS KPU Jawa Barat berdasarkan C1 hingga pukul 17.00 WIB, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul dengan 32,60 persen, diikuti pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 27,87 persen berselisih tipis dengan Sudrajat-Syaikhu di angka 26,00 persen. Sementara pasangan Tb Hasanudin-Anton Charliyan meraih 13,54 persen suara.
 
Dalam sambutannya di depan sejumlah pendukungnya di Hotel Papandayan Jalan Gatot Soebroto Kota Bandung, Rabu (27/6/2018) menyebutkan, hasil tersebut merupakan kerja keras dari semua pihak yang selama ini mendukungnya.
 
Kang Emil didampingi istri serta pimpinan daerah partai pengusung baik dari NasDem, PPP, PKB, Hanura, PSI dan Partai Berkarya itu pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga dan semua pihak, yang sudah menyedekahkan tenaga dan hartanya untuk menjemput kemenangan Rindu.
 
Jika mengacu pada teori statistik, data yang masuk di atas 80 persen pada hitung cepat merupakan gambaran yang mendekati pasti pada hasil akhir nanti. Namun, Emil tak mau jemawa apalagi hasil ini belum final.
 
"Ini hasil sementara sehingga kita syukuri takdir sementara ini dengan sikap ketawaduan kita, rasa bersyukur kita, dengan berzikir dan beristigfar kalau mungkin ada tindakan kita yang menyakiti orang lain," katanya.
 
Ia mengaku terharu atas hasil itu karena langkah yang ia jalani dalam proses pilkada ini tidak mudah. Hampir dua tahun merintis dan berusaha sampai menghadapi gelombang fitnah serta kampanye hitam yang menyerang pribadinya. Namun, segala proses ini yang membuat dirinya semakin membesarkan kesabaran.
 
"Karena sudah ditekadkan, saya ingin menyampaikan, jika Allah sudah tetapkan tak ada yang bisa melanggar ketetapan Allah. Ini pelajaran bagi kita dalam sebuah cita-cita, 30 persen ikhtiar, 70 persen doa. Jangan kita kira berhasil hanya karena ikhtiar tapi juga karena doa," tegas Emil.
 
Emil pun meminta para pendukungnya untuk tidak melakukan euforia secara berlebihan hingga hasil akhir nanti. Jangan memberi komentar negatif, mengejek atau merundung pendukung kandidat lain karena itu bukan akhlak yang dikehendaki pasangan Rindu.
 
"Jika ketetapan formal itu hadir, saya adalah pemimpin semua warga Jabar yang tidak membeda-bedakan agama, ras golongan yang mencoblos kami atau tidak. Selama itu warga Jabar, dia umat yang saya lindungi dan ditolong hidupnya," katanya.
 
Data quick count Pilgub Jabar hingga pukul 17.30 WIB, Rabu 27 Juni 2018 telah terkumpul sebanyak 98,33 persen suara. Dengan data itu, selisih keunggulan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum tak akan terkejar oleh pasangan lainnya. (Jr.)**
 
Hasil penghitungan cepat sementara:
 
Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum: 32,33 persen
Tb Hasanuddin - Anton Charliyan: 13,04 persen
Sudrajat - Ahmad Syaikhu: 28,39 persen
Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi: 26,24 persen.
 
 
.

Categories:Politik,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait