Jerman Kandas Dipecundangi Korsel 0-2 di Piala Dunia 2018

Jerman Kandas Dipecundangi Korsel 0-2 di Piala Dunia 2018

Tangisan para suporter Jerman usai digulingkan Korsel 0-2. (foto - Independent)

Kazan - Secara mengejutkan juara bertahan  Jerman tumbang dari  Korea Selatan di laga terakhir  penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rabu (27/6/2018). Digulingkan Korsel 0-2, Jerman gagal melaju ke babak 16 besar dan terdampar di dasar klasemen Grup F.
 
Sejak menit awal Jerman tampil sangat dominan, meski mereka kesulitan menciptakan peluang di babak pertama. beberapa kali menciptakan peluang, tapi kiper Korsel Cho Hyun-Woo tampil brilian di bawah mistar gawang.
 
Sempat mendapat peluang lewat serangan balik setelah merebut bola di sepertiga akhir lapangan. Namun upaya Leon Goretzka untuk mengirim umpan ke depan kotak penalti dipotong bek Korsel. Justru Korsel nyaris membobol gawang Jerman menit 19. Mereka mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Jerman.
 
Jung Woo-young melepaskan tembakan keras yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh Manuel Neuer. Namun, Neuer langsung menghalau bola yang terlepas dari tangannya sebelum disambar oleh Son Heung-Min.
 
Korsel membuat kesalahan di lini belakang dan nyaris berakibat fatal. Beruntung, tendangan Timo Werner bisa diblok oleh Moon Seon-Min dan hanya menghasilkan sepak pojok. Kemelut pun terjadi di dalam kotak penalti Korsel.
 
Di tengah kepungan pemain Korsel, Mats Hummels yang menguasai bola mencoba menembak. namun kiper Korsel mampu mengamankannya. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.
 
Memasuki babak kedua, Jerman nyaris menjebol gawang Korsel. Namun Cho melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis sundulan Goretzka, yang dengan bebas menanduk bola di depan gawang.
 
Giliran Korsel mendapat peluang, tapi Moon Seon-Min menyia-nyiakannya. Ia terlalu lama menguasai bola di kotak penalti hingga Hummels lebih dulu meredam ancaman. Cho kembali membuat penyelamatan penting. Ia menepis bola tandukan Mario Gomez di depan gawang.
 
Terus dikurung, Korsel lebih banyak mengandalkan serangan balik. Hummels pun melewatkan peluang emas. Oezil melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang mengarah ke Hummels, yang berdiri tak terkawal. Namun sundulan Hummels tak sempurna dan bola melebar dari gawang.
 
Petaka bagi Jerman terjadi di masa injury time menit 92. Korsel berhasil menjebol gawang Jerman lewat gol Kim Young-Gwon. Hakim garis sempat mengangkat bendera tanda offside. Namun wasit lalu meninjau VAR.
 
Setelah melihat rekaman ulang, wasit memutuskan Kim tidak offside dan mengesahkan gol itu bagi Korsel 1-0. Melakukan penyerangan total, Neuer pun ikut naik hingga ke area permainan Korsel. namun ia justru melakukan blunder dengan kehilangan bola, dan Ju Se-jong langsung melepaskan umpan panjang ke Son.
 
Son dengan mudah memasukkan bola ke gawang Jerman yang sudah kosong. Di sisa waktu pertandingan, Jerman terus mengurung pertahanan Korsel, tapi mereka tak mampu mencetak gol balasan. Hingga akhir laga, Korsel berhasil unggul 2-0 atas Jerman. (Jr.)**

Susunan Pemain:

Korea Selatan: Cho Hyun-Woo; Lee Yong, Yun Young-Sun, Kim Young-Gwon, Hong Chul; Lee Jae-Sung, Jung Woo-Young, Jang Hyun-Soo, Moon Seon-Min (Jue Se-Jong 69'); Koo Ja-Cheol (Hwang Hee-Chan 56'), Son Heung-Min

Jerman: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, Jonas Hector (Julian Brandt 78'); Sami Khedira (Mario Gomez 58'), Toni Kroos; Leon Goretzka (Thomas Mueller 63'), Mesut Ozil, Marco Reus; Timo Werner
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,