Suriah Tuding Dua Rudal Israel Serang Target di Dekat Bandara

Suriah Tuding Dua Rudal Israel Serang Target di Dekat Bandara

Dua rudal Israel mendarat di dekat Bandara Damaskus. (foto - Reuters)

Damascus - Media televisi pemerintah Suriah melaporkan, dua rudal Israel menyerang target yang berada di dekat Bandara Damaskus, pada Selasa pagi waktu setempat. Dua rudal Israel itu jatuh di dekat Bandara Internasional Damaskus.

Seperti dilansir laman Al Jazeera, Selasa (26/6/2018) sumber-sumber oposisi Suriah menyampaikan kepada kantor berita DPA, serangan tengah malam itu menargetkan sebuah pesawat kargo Iran yang mendarat di bandara itu.

Namun, juru bicara tentara Israel enggan berkomentar. "Kami tidak mau mengomentari mengenai laporan asing," kata juru bicara itu. Israel memperingatkan kehadiran militer Iran yang meningkat di Suriah, dipandang sebagai ancaman terhadap keamanannya.

Pihak militer Israel telah melakukan serangan terhadap target Iran yang berafiliasi di Suriah pada masa lalu. Pada Mei kemarin, Israel menyerang puluhan situs militer di Suriah setelah menuduh Iran meluncurkan roket dan melancarkan serangan rudal terhadap pasukannya di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Fasilitas militer Suriah dan Iran di negara itu juga telah diserang beberapa kali sejak April 2018. Iran telah bersumpah membalas dendam atas serangan Israel pada 30 april, yang dilaporkan menewaskan sejumlah personel militer Iran.

Iran dan gerakan dukungan Hezbollah mereka telah berjuang bersama pasukan pemerintah Suriah sejak konflik dimulai pada 2011 lalu.

Seperti diketahui, Israel merebut sebagian besar Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari 1967, kemudian mencaploknya dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,