Kebakaran Gudang Bahan Kimia di Sidoarjo Disertai ledakan

Kebakaran Gudang Bahan Kimia di Sidoarjo Disertai ledakan

Kebakaran gudang penyimpanan bahan kimia di Jalan Raya Taman 26 Sidoarjo. (foto - ist)

Sidoarjo - Gudang  penyimpanan  bahan kimia milik  PT Sari Sarana  Kimiatama  (SSK)  di Jalan Raya  Taman  Sidoarjo  Jawa Timur terbakar. Kebakaran terjadi diduga akibat percikan api saat pengisian tiner dari mobil tangki ke drum.
 
"Iya nanti akan kita lihat penyelidikannya, tapi informasi dari beberapa karyawan seperti itu. Saat pengisian terjadi percikan kemudian terjadi kebakaran," kata Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Kamis (28/6/2018).
 
Namun, pihaknya mengaku masih melakukan penyelidikan terkait hal itu. Sebab mobil tangki yang terbakar masih belum bisa disentuh untuk dilakukan penyelidikan. Hanya saja di dalam gudang, ada dua mobil tangki yang terbakar.
 
"Di dalam ada 2 unit kendaraan truk tangki, nanti akan kita lihat apakah penyebabnya dari kendaraan tersebut atau dari hal-hal lain. Sekarang masih belum tahu dan belum bisa disentuh," katanya.
 
Namun demikian, api yang melahap gudang itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.45 WIB. Petugas masih melakukan proses pembasahan. "Sudah selesai tinggal pembasahan, yang penting apinya sudah padam," ujar petugas PMK.
 
Sejauh ini, polisi belum bisa memastikan besarnya kerugian yang harus ditanggung akibat kebakaran tersebut. Himawan menyatakan, petugas fokus utama polisi saat ini adalah memastikan api benar-benar padam dan tidak menjalar.
 
Terkait kerugian, pihaknya juga belum bisa memastikan sebab mereka belum bisa menemui pemilik gudang. "Kerugiannya belum bisa cek dan kita belum bisa berkomunikasi dengan pemiliknya. Langkah pertama memadamkan api agar tidak menjalar," tegasnya.
 
Pihaknya mengaku akan melakukan penyidikan, terlebih pada penyebab kebakaran yang diduga akibat percikan api saat memindahkan tiner dari mobil tangki ke drum. "Kita mau lihat apakah ini nanti ada hal-hal lain yang sebagai penyebabnya," tambahnya. Disebutkan, objek yang terbakar itu adalah gudang tempat penyimpanan bahan kimia. Di gudang ini tersimpan lima jenis bahan kimia, salah satunya tiner. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,