Kapal Angkut TKI Tenggelam di Malaysia, 1 Tewas dan 18 Hilang

Kapal Angkut TKI Tenggelam di Malaysia, 1 Tewas dan 18 Hilang

Sebagian penumpang selamat kapal TKI tenggelam diberikan pertolongan Tim Perlindungan WNI KJRI Johor Bahru. (foto - KJRI Johor Bahru)

Johor Bahru - Sebuah kapal feri yang membawa tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal tenggelam di Tanjung Balau Kota Tinggi Johor Bahru Malaysia, Minggu (1/7/2018) dinihari. Seorang perempuan dilaporkan tewas, dan 18 penumpang lainnya dinyatakan hilang dalam kejadian itu.
 
Berdasarkan keterangan pejabat Agensi Penguatusahaan Maritim Malaysia (APMM) Kapten Sanifah Yusof menyebutkan, kapal nahas itu membawa 44 penumpang dan dalam perjalanan menuju ke Malaysia.
 
"Investigasi awal menunjukkan, kapal berangkat dari Batam Indonesia sekitar pukul 10.00 pada Minggu malam. Namun, karena cuaca buruk dan kelebihan muatan, kapal terbalik dua jam kemudian," kata Kapten Yusof dalam konferensi pers.
 
Seperti dilansir The Star, Senin (2/7/2018) sejauh ini upaya pencarian korban yang dilakukan tim Search and Rescue (SAR) Malaysia, telah berhasil mengevakuasi 26 korban (25 korban selamat dan 1 korban meninggal).
 
Sementara itu, sebanyak 18 korban lainnya dinyatakan masih hilang. Semua korban selamat yang telah dievakuasi ditampung di fasilitas pelabuhan. "Sembilan korban telah dikirim ke rumah sakit untuk perawatan medis, kami masih mencari 18 korban," kata Yusof.
 
Sejauh ini, Tim SAR Malaysia masih terus melakukan pencarian dengan melibatkan Angkatan Laut, tim medis dan kepolisian.  Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Baru telah mengirimkan Tim Perlindungan WNI ke lokasi, untuk memantau proses evakuasi dan memberikan dukungan yang dibutuhkan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,