Pabrik Kembang Api di Meksiko Meledak Tewaskan 19 orang

Pabrik Kembang Api di Meksiko Meledak Tewaskan 19 orang

Ledakan terjadi di gudang penyimpanan kembang api yang terbakar di Meksiko tengah. (foto - AFP)

Tultepec - Sedikitnya 19 orang tewas  dan 40 orang lainnya  mengalami luka-luka,  akibat serangkaian ledakan yang terjadi di gudang penyimpanan kembang api di Meksiko tengah, pada Kamis 5 Juli. Empat petugas pemadam kebakaran, 4 petugas polisi daerah dan seorang anggota kepolisian negara bagian ikut tewas.
 
Dilansir AFP, Jumat (6/7/2018) insiden ledakan terjadi di Kota Tultepec, yang dikenal sebagai pusat para seniman kembang api. Di kota itu juga tercatat telah terjadi beberapa kali kecelakaan kembang api, yang menelan banyak korban jiwa.
 
Meledaknya pabrik kembang api itu bermula dari ledakan di sebuah gudang penyimpanan, yang terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat. Petugas kepolisian bersama dinas pemadam kebakaran segera tiba di lokasi ledakan di kawasan Xahuento yang berada di pinggiran kota.
 
Akibat serangkaian ledakan, empat gudang penyimpanan telah rata dengan tanah, sebelum akhirnya api dapat dikendalikan. Gubernur Tultepec Alfredo del Mazo telah memerintahkan kepada departemen interior dan kesehatan negara, untuk meninjau lokasi dan mengurus para korban dan keluarga mereka.
 
Seperti diketahui, Kota Tultepec dikenal sebagai kota pembuat kembang api tradisional Meksiko, yang digunakan dalam perayaan hari besar. Di kota itu telah berulang kali terjadi insiden ledakan.
 
"Penduduk di sini bersikeras melanjutkan profesi mereka sebagai pembuat kembang api karena merasa hal itu sudah menjadi bagian dari tradisi. Namun mereka tidak memperhatikan konsekuensi, yang meresahkan masyarakat setempat," kata petugas penyelamat.
 
Pada Desember 2016, serangkaian ledakan di pasar kembang api terbesar di Tultepec, San Pablito telah menewaskan 42 orang dan melukai 70 lainnya.  (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,